Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Sosialisasi Alat Permainan Edukatif Puzzle Digital Bagi TK Kartini Desa Sentul Kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.2413Keywords:
Educational Game Tools, Digital Puzzles, Socialization, Child's Motor SkillsAbstract
Pandemi covid-19 menimbulkan dampak negatif bagi pembelajaran anak usia dini. Sistem pembelajaran secara daring maupun tatap muka terbatas dinilai kurang melatih kemampuan motorik anak. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi alat permainan edukatif puzzle digital dilakukan dengan sasaran guru dan siswa TK Kartini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Bulan Oktober s/d November 2021 yang bertempat di TK Kartini, Desa Sentul Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah problem solving. Adapun tahapan dalam kegiatan ini antara lain survei awal dan koordinasi dengan mitra; perancangan materi sosialisasi dan penyampaian materi sosialisasi. Hasil kegiatan menunjukkan kegiatan sosialisasi alat permainan edukatif puzzle digital memberikan dampak antara lain (1) alat permainan edukatif puzzle digital ini menjadi sarana pembelajaran anak usia dini yang mampu melatih motorik anak; (2) alat permainan edukatif puzzle digital ini dapat menambah variasi permainan puzzle dengan bentuk angka digital; dan (3) alat permainan edukatif puzzle digital ini dapat diproduksi rumahan (homeindustry) dan menjadi peluang usaha baru bagi para guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anggi Indah Yuliana, Candra Fatmawati Firdaus, Ayu Mahdalena, Siti Nur Fadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.