Peningkatan Mutu Siswa SMA di Desa Wonorejo Wates Melalui Pelatihan Bahasa Inggris

Authors

  • Wety Asri Ningsih IAIN Kediri

Keywords:

Pengabdian Masyarakat

Abstract

Abstract:

Rural communities believe that local language is more important than English as a foreign language. Based on that reason, the writer did an English coaching to give an understanding about the importance of English ability in globalization era. The writer used PAR (Participatory Action Research) as a method in the coaching activity. The method gives probability to the Students of community service program to really contribute in solving the surrounding problem. The target of this program is the senior high school students who live in Wonorejo village. This activity was held in three days, these are Friday, Saturday, and Sunday, and in online way. The activity included material giving, strong understanding delivery, and practice. The results of this program are the understanding about the importance of English ability and the increasing of study eagerness. The enthusiasm of the students in joining all coaching program held by the college students is the evidence. Besides, the students can practice what they learned in the service program.

Keywords: English Coaching, PAR method, community service program, Wonorejo village

 

Abstrak:

Masyarakat desa beranggapan bahwa Bahasa inggris merupakan Bahasa asing yang tidak harus dikuasai karena Bahasa daerah dianggap lebih penting. Berdasarkan alasan tersebut, penulis melakukan pelatihan Bahasa inggris untuk memberi pemahaman akan pentingnya menguasai Bahasa inggris di era globalisasi. Metode yang digunakan dalam Kegiatan ini adalah PAR (Participatory Action Research). Metode ini memungkinkan mahasiswa KKN untuk berkontribusi nyata pada pemecahan masalah yang ada di sekitar. Sasaran kegiatan adalah siswa SMA di Desa Wonorejo Kecamatan Wates. Kegiatan dilakukan selama tiga Hari, yaitu pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, dan dilakukan secara daring. Kegiatan tersebut meliputi pemberian materi, penguatan pemahaman, dan latihan. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman mengenai pentingnya kemampuan Bahasa inggris dan rasa ingin belajar yang meningkat. Hasil tersebut terbukti dengan antusiasme para siswa SMA dalam mengikuti seluruh Kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa IAIN KEDIRI. Selain itu, siswa juga sudah mulai bisa mempraktekkan apa yang mereka pelajari selama kegiatan pengabdian ini.

Kata Kunci: Pelatihan Bahasa Inggris, metode PAR, KKN, Desa Wonorejo

Downloads

Published

2021-09-02

How to Cite

Ningsih, W. A. (2021). Peningkatan Mutu Siswa SMA di Desa Wonorejo Wates Melalui Pelatihan Bahasa Inggris. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89–93. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1880

Issue

Section

Articles