Pelatihan Metode Pembelajaran Mind Mapping Bagi Guru Mata Pelajaran di MI Darul Ma'arif
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v1i1.1003Keywords:
Mind Mapping, Metode Pembelajaran, MadrasahAbstract
Lembaga pendidikan ini dipilih karena penerapan metode pembelajaran dalam kelas oleh guru masih mengunakan metode konvensinal. Fasilitas sarana dan prasarana di lembaga ini masih kurang memadai untuk menunjang media pembelajaran yang menyangkut penggunaan metode pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara di MI Darul Ma’arif guru-guru sudah diarahkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum 2013. Walaupun sudah menerapkan pelajaran sesuai kurikulum namun belum terlaksana secara optimal dan efisien. Hal ini didasari dengan kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 serta berbagai kesibukan para guru sehingga kurangnya waktu dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menerapkan metode pembelajaran di kelas. Metode kegiatan yang akan digunakan meliputi pengamatan (observasi), wawancara, do-kumentasi, sosialisasi, pelatihan, dan monev (monitoring dan evaluasi). Pengamatan (observasi) dan wawancara dilakukan untuk mengetahui perma-salahan mitra. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa beberapa guru peserta pelatihan mengalami kebingungan ketika menghadapi mata pelajaran yang sulit untuk menyajikan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum k13. Kegiatan pelatihan ini juga dilaksanakan penyebaran angket pemahaman materi dengan disebarkan setelah kegiatan pelatihan. Hasil pengisian angket tersebut menunjukkan bahwa peserta pelatihan mengalami peningkatan pemahaman materi mind mapping sesuai kurikulum 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JUMAT PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.