Menuju Generasi Digital Cerdas: Program Pengabdian Masyarakat untuk Kesadaran Internet Aman di Kalangan Anak-anak TPA Darul Ilmi Desa Pandansari, Kabupaten Batang

Authors

  • Ganang Meidi Putrandito UIN K. H. Abdurrahman Wahid
  • Syukron UIN K. H. Abdurrahman Wahid
  • Arifin UIN K. H. Abdurrahman Wahid
  • Fira UIN K. H. Abdurrahman Wahid
  • Hendri UIN K. H. Abdurrahman Wahid
  • Happy UIN K. H. Abdurrahman Wahid

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i3.4215

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menjadikan peran internet semakin meluas disemua lapisan masyarakat. Dimasa sekarang internet berperan sebagai media hiburan dan pembelajaran bahkan dikalangan anak-anak. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi penggunaan internet dikalangan anak-anak untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. sosialisasi dilakukan di TPA Darul Ilmi Desa Pandansari Kabupaten Batang dengan memberikan arahan kepada anak-anak untuk tidak menggunakan internet dalam mengakses informasi yang negatif dan memanfaatkan internet secara bijak. Penyuluhan ini dilakukan dengan memberikan penjelasan tentang kelebihan dalam menggunakan internet terutama sosial media. Kemudian kami juga menjelaskan tentang bahayanya dalam menggunakan media sosial dan memberikan arahan kepada para anak-anak untuk mengetahui adanya batasan dalam menggunakan media sosial agar dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini diharapkan mampu membawa generasi muda terutama anak-anak untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi terutama sosial media dengan bijak.

Published

2023-12-30

How to Cite

Meidi Putrandito, G., Syukron, M., Arifin, F. ., Aulia, F., Hendri Hermawan Adinugraha, & Happy Sista Devy. (2023). Menuju Generasi Digital Cerdas: Program Pengabdian Masyarakat untuk Kesadaran Internet Aman di Kalangan Anak-anak TPA Darul Ilmi Desa Pandansari, Kabupaten Batang. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 129–132. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i3.4215

Issue

Section

Articles