Pendampingan UMKM Meningkatkan Hasil Produksi dan Penjualan Pemasaran Digital Usaha Bakso Wakid

Authors

  • Dwi Lutfiana universitas maarif hasyim latif
  • Maulana Fariq Ibrahim universitas maarif hasyim latif
  • Nurnaningsih Nurnaningsih universitas maarif hasyim latif
  • M Chandra Budi S universitas maarif hasyim latif
  • Suhadiono Suhadiono universitas maarif hasyim latif
  • Ulfa Apriliya universitas maarif hasyim latif
  • Achmad Hady A universitas maarif hasyim latif
  • Setiawarni Nanda R universitas maarif hasyim latif
  • Adib Mukhtar F universitas maarif hasyim latif
  • Achmad Usikum universitas maarif hasyim latif
  • Galuh Puspita Sari universitas maarif hasyim latif
  • Darno Darno universitas maarif hasyim latif

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i2.3253

Abstract

UMKM merupakan program yang juga dapat meningkatkan kesempatan kerja, memberikan nasihat keuangan yang jelas kepada masyarakat luas, serta efisien dalam proses peningkatan jumlah penduduk dan pemerataan jumlah penduduk yang semuanya berkontribusi terhadap stabilitas nasional. Menyikapi Pandemi Covid-19, direncanakan pada Tahun 2020 akan membahas Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan fokus menghentikan para tukang pabrik sambil mengimbau masyarakat untuk berdiri sendiri jika perlu. Hal ini juga berdampak negatif pada efisiensi operasional UMKM dan harga konsumen. menyebabkan para usaha mengalami penurunan.. Tak terhitung banyaknya UMKM yang mengalami berbagai masalah, antara lain penurunan penjualan, permodalan, administrasi yang tidak menentu, kesulitan bahan baku, penurunan manufaktur, dan banyaknya aspek pemutusan aplikasi dan interkoneksi buruh yang kemudian menjadi beban ekonomi nasional. pertumbuhan ekonomi yang lama menurun baik di bursa maupun manufaktur. UMKM sebagai pelaku ekonomi domestik dan pekerja ulet prihatin dengan penurunan produktivitas yang berimbas pada penurunan tajam keuntungan.

 

Sesuai hasil penelusuran anggota KKN di tempat UMKM tersebut di desa Kramat Jegu banyak  terdapat al- hal yang masih menjadi kendala antara lain kendala di brand atau penamaan, kendala di pemasaran dan pada operasi produksi. Tim berinisiatif dan menyusun program kerja sesuai kebutuhan UMKM tersebut. Tim KKN terdiri dari sejumlah disiplin ilmu, mulai dari keuangan, hukum, teknik, desain, bahkan kesehatan. Setiap anggota tim memiliki peran yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan pertemuan yang dinyatakan..

 

 

Kata Kunci: UMKM,Digital Marketing, Pandemi covid-19

 

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Lutfiana, D., Ibrahim, M. F., Nurnaningsih, N., S, M. C. B. ., Suhadiono, S., Apriliya, U. ., A, A. H. ., R, S. N. ., F, A. M. ., Usikum, A. ., Sari, G. P., & Darno, D. (2023). Pendampingan UMKM Meningkatkan Hasil Produksi dan Penjualan Pemasaran Digital Usaha Bakso Wakid. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 87–92. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i2.3253

Issue

Section

Articles