Pelatihan dan Pemanfaatan Google Form sebagai Platform Evaluasi Pembelajaran Era Pandemi di SMP Muhammadiyah Kemangkon

Authors

  • Versiandika Pratama UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hanif Ardiansyah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i2.3073

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Google Form, Era Pandemi

Abstract

Adanya pandemi covid-19 menjadi tantangan baru bagi sekolah untuk dapat menyelenggarakan evaluasi pembelajaran yang bisa diakses oleh siswa dan guru meskipun tersekat jarak. Salah satu alternatif teknologi untuk menjawab permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan platform google form sebagai sarana untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran di SMP Muhammadiyah Kemangkon. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan arahan dan pemahaman kepada guru SMP Muhammadiyah Kemangkon terkait pemanfaatan platform google form sebagai salah satu alternatif teknologi guna meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di masa pandemi. Metode yang diterapkan adalah pelatihan secara langsung membuat soal evaluasi melalui google form. Kegiatan ini mendapat respon positif dari guru-guru SMP Muhammadiyah Kemangkon yang menyatakan bahwa evaluasi pembelajaran melalui google form dapat dijadikan sebagai alternatif karena dianggap sebagai sarana yang efisien dan efektif. Google form dianggap sebagai solusi karena tampilannya cukup user friendly, pengoperasiannya ringan, hasil evaluasi bisa diperoleh secara langsung serta bentuk soal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, adanya pelatihan ini juga menjadi bagian dari transformasi sistem evaluasi paperbased menuju ke sistem paperless.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Pratama, V., & Ardiansyah, H. (2023). Pelatihan dan Pemanfaatan Google Form sebagai Platform Evaluasi Pembelajaran Era Pandemi di SMP Muhammadiyah Kemangkon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i2.3073

Issue

Section

Articles