Pelatihan Komunikasi Penjualan Dengan Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kampung Sasirangan

Authors

  • Finki Dona Marleny Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rudy Ansari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ayu Ahadi Ningrum Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ihdalhubbi Maulida Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Mukhaimy Gazali Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Windarsyah Windarsyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Kamarudin Kamarudin Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ahmad Faisal Hamidi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Mambang Mambang Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i2.3000

Keywords:

pengrajin, kain, sasirangan, media sosial

Abstract

Kain sasirangan merupakan kain khas dari daerah Kalimantan Selatan. Salah satu kampung yang telah turun temurun mewariskan proses pembuatan dan produksi kain sasirangan salah satunya ada di daerah kelurahan Sungai Jingah Kota Banjarmasin. Salah satu strategi para pengrajin untuk pemasaran produk dari kain sasirangan adalah dengan menggunakan media sosial atau secara online. Namun terdapat beberapa kendala dalam prosesnya karena pengrajin belum dapat fokus pada proses pemasaran online. Kendala utama yang dirasakan oleh pengrajin adalah adaptasi dengan banyaknya platform digital yaitu sosial media mana yang dapat meningkatkan pemasaran dari kain sasirangan. Para pengrajin belum dapat mengoptimalkan penggunaan sosial media sebagai jalan untuk berkomunikasi memperkenalkan produk-produk dan menciptakan brand dari para pengrajin kain sasirangan. Kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  di  fokuskan  pada proses komunikasi di sosial media dan mengelola sosial media. Mulai dari proses mempersiapkan digitalisasi produk, sampai dengan cara memanajemen fitur bisnis yang ada di berbagai sosial media Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kampung Sasirangan.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Marleny, F. D., Ansari, R., Ningrum, A. A., Maulida, I., Gazali, M., Windarsyah, W., Kamarudin, K., Hamidi, A. F., & Mambang, M. (2023). Pelatihan Komunikasi Penjualan Dengan Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kampung Sasirangan. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 98–102. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v4i2.3000

Issue

Section

Articles