Optimalisasi Kebermanfaatan Digital Library Pada Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kabupaten Kampar

  • Tiara Ulfa Widyastuti STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Dwi Pranandita Kusuma STMIK Hang Tuah Pekanbaru
Keywords: Digital Library, Literasi, Desa Kuajang.

Abstract

Rendahnya minat baca masyarakat saat ini menjadi salah satu faktor kemorosotan regenerasi bangsa yang cinta terhadap literasi. Kelompok Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kecamatan Binuang merupakan salah satu gerakan literasi yang didirikan di Desa Kuajang. Perpustakaan ini merupakan bagian dari proyek remaja dan warga dusun untuk membangun sebuah kampung literasi untuk merasakan pemerataan pendidikan tanpa harus meninggalkan nilai kearifan lokal. Selain itu, bertujuan juga untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui pengembangan suatu teknologi yang tepat guna sebagai solusi, yakni digital library. Adapun metode pelaksanaan sesuai dengan tahapan perencanaan yang telah disusun, yaitu tahapan kegiatan yang diawali dengan koordinasi dan analisis kebutuhan (Tahap I), perancangan aplikasi digital library (Tahap II), integrasi aplikasi pada model framework (Tahap III), dan penggunaan sistem di lapangan (Tahap IV). Hasilnya menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi menggunakan model OPAC (Online Public Access Catalogue) yang dapat memudahkan pengguna dalam proses pencarian buku dan tampilan awal dari sistem digital library dalam bentuk katalog. Untuk optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini maka dilakukan pelatihan kepada pengguna dan pengelola Kelompok Perpustakaan Kampung Pendidikan. Selain itu, akan dilakukan pemantauan dan pendampingan berkala untuk memastikan penggunaan sistem ini mampu dioperasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Published
2021-04-30
How to Cite
Widyastuti, T. U., & Kusuma, D. P. (2021). Optimalisasi Kebermanfaatan Digital Library Pada Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kabupaten Kampar. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29-33. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1175
Section
Articles