https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/issue/feed Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2024-01-28T21:14:10+00:00 Herliany Nela Sari lppm@unwaha.ac.id Open Journal Systems <p>JUMAT EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang ekonomi yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA)</p> https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4009 Pembuatan NIB dan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Efektifitas Pemasaran Produk UMKM Desa Miagan 2023-11-01T20:25:02+00:00 Bekti Widyaningsih bektiwidya@gmail.com Arivatu Ni’mati Rahmatika Trianawati@gmail.com Khotim Fadhli Sa'adah@gmail.com Tiara Putri Agustina hnkuniooricoro@gmail.com Silviana Najuwah Ningrum@gmail.com <p><br />Pengabdian Masyarakat ini nertujuan untuk memberikan pemahaman atau tambahan wawasan kepada para pelaku UMKM di Desa Miagan tentang pentingnya sertifikasi halal, melatih, dan membantu bisnis UMKM dalam memperluas pemasaran produknya guna untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari bisnis UMKM. Pendampingan terhapat masyarakat yang telah memiliki UMKM agar dapat mendaftarkan sertifikat halal sehingga bisa memperkuat produknya di persaingan pemasaran dan ekonomi secara luas. Prioritas persoalan mitra adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan peminatan dalam membuat label halal pada produk, hingga mengakibatkan sulitnya perluasan pemasaran produk, dan hal ini berpengaruh pada pendapatan mereka. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini adalah Community Based Research yaitu penjelasan Narasumber kepada mitra. Metode yang dipakai pada kegiatan ini adalah pertemuan atau tatap muka antara narasumber dengan mitra UMKM yang bertempat di Desa Miagan, dimana narasumber berperan penting dalam menjelaskan materi-materi mengenai cara pembuatan NIB dan pentingnya sertifikasi halal sebuah produk guna memperluas pemasaran pada produk UMKM. Sehingga kegiatan ini ini dapat memberikan kesadaran betapa pentingnya memiliki sertifikat halal pada produk. Produk yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat ini ialah Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal pada produk UMKM warga di Desa Miagan. Label halal merupakan suatu bagian dari sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau penjualnya, di mana labelhalal ini dapat membantu pelaku UMKM dalam memperluas pemasaran produknya serta menambah pendapatan bagi para pelaku UMKM.</p> <p>Kata Kunci: NIB, Sertifikat Halal, UMKM</p> 2024-01-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Bekti Widyaningsih, Arivatu Ni’mati Rahmatika, Khotim Fadhli, Tiara Putri Agustina, Silviana Najuwah https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4420 Socialization and Assistance in the Production of NIB, PIRT, and Halal Certification as Efforts to Improve the Quality of MSME Products in Ngogri Village, Jombang 2024-01-28T21:14:10+00:00 Afif Kholisun Nashoih afif.kholisun@gmail.com Khotim Fadhli Khotim Fadhli Khotimfadhli@unwaha.ac.id <p>Artikel ini membahas tentang upaya peningkatan mutu produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masyarakat Desa Ngogri, Jombang melalui sosialisasi dan pendampingan dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan sertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam mengikuti regulasi dan standar yang berlaku, sehingga produk yang dihasilkan dapat memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan. Metode yang digunakan melibatkan kegiatan sosialisasi untuk memberikan informasi tentang prosedur dan manfaat pendaftaran NIB, PIRT, dan sertifikasi halal. Selain itu, pendampingan langsung juga dilakukan untuk membantu pelaku UMKM dalam proses administrasi dan pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan pendampingan secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kesadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya mematuhi regulasi dan standar mutu. Penerapan NIB, PIRT, dan sertifikasi halal pada produk UMKM Desa Ngogri memberikan dampak positif terhadap peningkatan kepercayaan konsumen. Pelaku UMKM yang telah mengikuti proses tersebut melaporkan peningkatan penjualan dan akses pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, artikel ini memberikan kontribusi dalam konteks pengembangan UMKM di tingkat lokal, dengan menekankan pentingnya pendampingan dan sosialisasi dalam mencapai peningkatan mutu produk dan daya saing di pasar.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Afif Kholisun Nashoih, Khotim Fadhli https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4057 Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Dari Bahan Ramah Lingkungan Untuk Meningkatkan Kreativitas Ibu Pkk Desa Janti 2023-10-25T21:05:40+00:00 Emi Lilawati emi@unwaha.ac.id Moch Umar Zam Asy’ari umar@gmail.com Lailatul Fitria fitria@gmail.com Ika Khikmatul Latifah ika@gmail.com Luklu’ul Maknun maknun@gmail.com <p><em>Janti Village is one of the villages in Mojoagung subdistrict with a population of around 3,570 people. The Janti village community has a variety of potential, especially in the agricultural and crafts sectors. Janti Village has an obstacle, namely the lack of education to the community regarding regional productivity to produce new products that can be developed into products of high quality and high selling value. Apart from that, people also do not grasp business opportunities and only work according to their abilities, such as working on rice fields and gardens. Method used The implementation method used in this service is a design or framework used to provide information or community mapping (social mapping) directly. This allows for fluid interaction between the community and activity implementers. The results of the service training in making dish soap to increase the creativity of PKK women in Janti Village, can be concluded with the development of entrepreneurship with dish soap products which are used as provisions for PKK women in Janti Village, Mojoagung subdistrict, Jombang regency by directly transmitting the making of dish soap. alternately and how to operate it from the process of ordering the raw materials for dishwashing soap to the homogeneous process that will be packaged. The process of making dishwashing soap really helps PKK women in providing new innovations regarding products that have high economic value</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>Soap, Dishwashing, Environmentally Friendly.</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Emi Lilawati, Moch Umar Zam Asy’ari , Lailatul Fitria, Ika Khikmatul Latifah, Luklu’ul Maknun https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4155 Pengembangan Manajemen Usaha dan Pengolahan Produk Inovasi Bagi Kelompok Wanita Tani 2023-11-22T05:57:58+00:00 khoirun Nisa' neesaalkhoirot@unwaha.ac.id M.Oktavian M.Oktavian neesaalkhoirot@unwaha.ac.id Supriono Supriono neesaalkhoirot@unwaha.ac.id Leli Akhlaqun Nisa Leli Akhlaqun Nisa neesaalkhoirot@unwaha.ac.id Nuurun Alaa Nuurin Nuurun Alaa Nuurin neesaalkhoirot@unwaha.ac.id <p><em>Manajemen usaha ialah sebuah proses di mana perusahaan merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan dan sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan cara yang efektif dan efisien dalam lingkungan yang selalu berubah. Kelompok wanita tani yang ada di desa sudimoro salah satu kegiatan di desa sudimoro yang terbilang cukup aktif dalam kegiatan usaha di bidang pertanian dan produk namun kelompok&nbsp; tersebut terdapat kendala seperti Kurangnya Pengetahuan mitra PKM terkait pengelolaan manajemen usaha yang baik, Kurangnya pengelolaan inovasi produk dan Tidak ada nya tindak lanjut dalam hal pelatihan-pelatihan yang pernah terlaksana. Tujuan pengabdian PKM&nbsp; ini adalah untuk memberdayakan potensi hasil lahan yang di miliki oleh Kelompok Wanita Tani. Dalam penelitian ini penulis memadukan metode ( Research and Development ) yakni metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan, produk tertentu, dan menguji keefektifan suatu produk. Dengan metode (PAR) Participatory Action Research adalah sebuah proses dimana sebuah komunitas berusaha mempelajari sebuah masalah secara ilmiah dengan tujuan memandu. Hasil dari penelitian ini adalah dampak bagi sosial Masyarakat desa sudimoro dari sektor ekonomi</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 khoirun Nisa', M.Oktavian, Supriono, Leli Akhlaqun Nisa, Nuurun Alaa Nuurin https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4172 Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Desa Gambiran 2023-11-22T06:00:35+00:00 Aufia Aisa fieza1220@gmail.com Purbowo purbowo@unwaha.ac.id Siti Sulaikho sitisulaikho@unwaha.ac.id Mochammad Ilham Ramadhani ilhamramadhani089@gmail.com Fahim Mubarok fahimmoebarok@gmail.com Putri Lestari putrilestari@gmail.com Mariyanti mariyanti1003@gmail.com Rizka Annisa rizkannisa0502@gmail.com <p><em>Efforts by Micro, Small and Medium Enterprises to face global competition by implementing digital marketing in business enterprises, both small, medium and large, so that the level of competitiveness of business people can increase. In this regard, the use of digital marketing is not widely recognized by business people, especially MSMEs in Gambiran Village, most of whom still apply marketing using offline methods. The aim of this service is to help implement digital marketing in marketing, thereby encouraging producers' interest in marketing development. The parties involved in this activity are MSME actors in Gambiran Village. The approach method in this service activity uses CBR (Community Based Research). The implementation method uses a face-to-face seminar method at the Gambiran Village Sports Hall with around 10 participants. The results of this activity can provide awareness and help MSMEs to implement digital marketing in marketing.</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Aufia Aisa, Purbowo, Siti Sulaikho, Mochammad Ilham Ramadhani, Fahim Mubarok, Putri Lestari, Mariyanti, Rizka Annisa https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4193 Seminar Pemasaran Produk Di Media Sosial Guna Meningkatkan Omset Penjualan Untuk Umkm Desa Kedungrejo Megaluh Jombang 2023-11-30T10:15:08+00:00 machnunah ani zulfah machnunah machnunah313@unwaha.ac.id Ahcmad Ulum Nadzir Syahril Mubarok machnunah313@unwaha.ac.id Machrus Suhardi machnunah313@unwaha.ac.id Erika Dwi Ratnasari machnunah313@unwaha.ac.id <p><em>Program pemberdayaan masyarakat ini mempunyai tujuan yang salah satunya adalah untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Kemandirian ekonomi masyarakat sangat diperlukan guna meningkatkan keberdayaan rumah tangga dan ketahanan ekonomi masyarakat dalam mengisi pembangunan nasional. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengapdian masyarakat&nbsp;ini berupa metode&nbsp;service learning. Adapun kegiatan ini dimulai dengan mengamati&nbsp;di wilayah-wilayah yang ada di Desa Kedungrejo&nbsp;yang terdiri dari beberapa dusun dimana yang di pimpin oleh kepala desa dan lembaga/instansi terkait pada minggu pertama. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang dalam memotivasi pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan melalui peningkatan kemampuan digitalisasi marketing atau ketrampilan memasarkan produk&nbsp;secara online. Sehingga pelaku UMKM bisa meningkatkan jangkauan daerah pemasarannya dan tercapai&nbsp;kemandirian ekonomi keluarga</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 machnunah ani zulfah machnunah, Ulum , Machrus Suhardi , Erika Dwi Ratnasari https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4221 Pelatihan Desain Kemasan dan Sosialisasi Penjualan Kripik Tempe Melalui Media Digital 2024-01-23T20:20:39+00:00 sujono sujono@unwaha.ac.id Siti Sufaidah sujono@unwaha.ac.id Munawarah sujono@unwaha.ac.id Hikmatul Hasanah sujono@unwaha.ac.id Rahmat Aris Mujahidin sujono@unwaha.ac.id Firdaus May Sulvani sujono@unwaha.ac.id Ummi Uswatun Khasanah sujono@unwaha.ac.id <p>Rendahnya daya saing seringkali disebabkan oleh terbatasnya kapasitas pelaku ekonomi dalam pemasaran. Maka Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap pengembangan perekonomian lokal Desa Turi Pinggir Megaluh dengan memperbaiki desain kemasan produk keripik tempe dan menerapkan strategi kesadaran bisnis melalui digital. Desa Turi Pinggir Megaluh yang terletak di pedesaan mempunyai potensi yang besar dalam memproduksi keripik tempe yang berkualitas namun seringkali mengalami kendala dalam pemasaran dan branding.&nbsp;survei awal dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi produsen keripik tempe lokal, merancang kemasan yang menarik dan fungsional, serta mengembangkan strategi sosialisasi melalui sarana digital seperti jejaring sosial dan platform e-commerce. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah desain kemasan yang lebih menarik dan fungsional, serta pemahaman yang lebih baik tentang pemasaran digital oleh produsen. Berkat pendekatan ini, penjualan keripik tempe di Desa Turi Pinggir Megaluh meningkat signifikan. Selain itu, masyarakat lokal juga mendapat manfaat dari peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemasaran digital, yang dapat membantu mereka mengembangkan usaha mikro di masa depan</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 sujono, Siti Sufaidah, Munawarah, Hikmatul Hasanah, Rahmat Aris Mujahidin, Firdaus May Sulvani, Ummi Uswatun Khasanah https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4136 Sosialisasi Pengembangan Personal Branding UMKM Desa Murukan Melalui Pelatihan Digital Marketing 2023-11-12T10:25:15+00:00 Rohmat Hidayat rohmathidayat@unwaha.ac.id Septian Ragil Anandita septianragil@unwaha.ac.id Siti Nur Qomariyah sitinurqomariyah@unwaha.ac.id Elensya Eka Shintya Putri elensyaesp@gmail.com Lailatul Firdausi lailatulfir@gmail.com Laili Ifdhatul Fitri lailiif@gmail.com Siti Anifah sitian@gmail.com <p><em>Personal branding is the process of building a unique personal image and identity for an individual, in this case, the owners of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSME) in rural areas. For rural MSME, personal branding can be a powerful tool to enhance their visibility and business image. This community engagement aims to enhance the understanding and skills of rural MSMEs in personal branding, teach digital marketing techniques to MSME so they can effectively promote their products and services on the internet, and promote MSME growth through personal branding strategies and product rebranding training. This activity was conducted on September 4, 2023, involving the subjects of community engagement, the operators of MSME in Murukan Village, Mojoagung, Jombang, which took place in the Murukan Village hall. The method used in this program is Participatory Action Research (PAR) with the following stages: Problem Identification, Joint Planning, Action Implementation, and Reflection and Evaluation. The conclusions of this activity are as follows: (1) The subjects of engagement have begun to understand the importance of Personal Branding: Personal branding plays a crucial role in attracting customers in the competitive digital world. It helps rural MSME differentiate themselves from competitors and build strong customer relationships. (2) Socializing personal branding through digital marketing is done consistently and sustainably in building a brand, requiring time and consistency in messaging and actions as the keys to success. (3) Digital marketing empowers rural MSME to reach a broader audience without incurring significant costs.</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rohmat Hidayat, Septian Ragil Anandita, Siti Nur Qomariyah, Elensya Eka Shintya Putri, Lailatul Firdausi, Laili Ifdhatul Fitri, Siti Anifah https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4077 Sosialisasi Dan Pelatihan Sertifikat Halal Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan dan Minuman Di Desa Mojotrisno 2023-11-05T08:31:26+00:00 Dyah Ayu Sri Hartanti dyah@unwaha.ac.id Nerisa Agnesia Widianto nerisa@unwaha.ac.id Nisa Candra Mutammimah nisa@gmail.com Thoriqul Azis aziz@gmail.com Ichda Choirun Nisak ichda@gmail.com <p><em>Perkembangan teknologi di masa sekarang menuntut seluruh masyarakat untuk siap menghadapi tantangan zaman. Salah satu yang terkena dampak perkembangan adalah di dunia usaha. Semakin cepat arus konsumsi masyarakat, maka mereka membutuhkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Desa Mojotrisno dikenal sebagai sentralnya batik dan kuningan di Kec. Mojoagung sekaligus terkenal dengan jajanan tradisional yang perdagangkan di pasar barongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Community Based Research (CBR). Metode pendekatan Community Based Research (CBR) merupakan sebuah model penelitian yang mengkhususkan pada keperluan masyarakat dan memadukan berbagai elemen komunitas atau kelompok didalamnya untuk terlibat secara aktif dalam penelitian untuk menjawab tantangan yang terjadi di lingkungan komunitas sendiri. Dengan adanya pembekalan penambahan wawasan dan sosisalisasi tersebut para pelaku usaha akhirnya memahami bahwa sertifikat halal penting bagi produk makanan dan minuman yang dihasilkan karena mampu memberikan jaminan keamanan bagi konsumen, peningkatan kepercayaan dari konsumen, sebagai nilai jual tambahan untuk produk dan kesempatan memperluas jangkauan pasar. Setelah adanya kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengetahui secara langsung proses dan syarat yang harus dipenuhi dalam pendaftaran sertifikasi halal</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dyah Ayu Sri Hartanti, Nerisa Agnesia Widianto, Nisa Candra Mutammimah, Thoriqul Azis, Ichda Choirun Nisak https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/4115 Sosialisasi dan Monitoring Social Media Marketing untuk UMKM di Desa Karobelah Mojoagung 2023-11-05T08:22:53+00:00 chusnul chotimah chusnulchotimah@unwaha.ac.id Rosita Ainurrochimah Rosita Ainurrochimah Chusnulchotimah@unwaha.ac.id Dinda Eka Agustina Dinda Eka Agustina Chusnulchotimah@unwaha.ac.id Kukuh Yustiono Kukuh Yustiono Chusnulchotimah@unwaha.ac.id Ratna Sri Rahayu Ratna Sri Rahayu Chusnulchotimah@unwaha.ac.id <p><em>Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai Sosialisasi dan Monitoring Social Media Marketing yakni terletak di Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan pendampingan kepada mitra yang dilakukan dalam beberapa tahap kegiatan. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 4 September 2023. Mitra dalam sosialisasi ini adalah kelompok produktif home industri&nbsp; yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jumlah peserta hadir 7 orang. Narasumber dalam sosialisasi ini adalah salah satu dosen Universitas K.H.A. Wahab Hasbullah yaitu Bapak Wisnu Mahendi, MM. Peserta sangat antusias mengikuti monitoring setelah dilakukan sosialisasi program manajemen yang mengacu pada pentingnya pemasaran berbasis digital, khususnya sosial media marketing dengan menggunakan whatshapp bisnis, facebook marketplace serta instagram sebagai media promosi dan penunjang promosi. Hasil dari sosialisasi ini menjadikan peserta UMKM lebih semangat belajar dan terus terinovasi dalam memasarkan dan mengembangkan produk secara online. Hal ini dibuktikan dengan respon para peserta yang menyatakan siap untuk melakukan promosi menggunakan sosial media dengan aplikasi tersebut yang dianggap mudah dipahami dan digunakan</em></p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 chusnul chotimah, Rosita Ainurrochimah, Dinda Eka Agustina, Kukuh Yustiono, Ratna Sri Rahayu