Sosialisasi Dalam Menentukan Strategi Branding dan Marketing Online di Desa Manunggal

Authors

  • Wahyudi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Saat Ibnu Waqfin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khoirun Nisa' Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Arsyadul Arief Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Famung Gangga Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Durrotil Hikmah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Heni Nurlia Fatmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • M Syifa'ul Umam Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i3.5363

Keywords:

Strategi, branding, marketing, online

Abstract

Digital marketing telah menjadi komponen penting dari strategi pemasaran kontemporer. Cara konsumen berinteraksi dengan merek dan mencari informasi juga mengalami perubahan besar seiring dengan pesatnya kemajuan internet dan teknologi. Konsumen lebih cenderung menggunakan platform digital untuk membandingkan produk, mencari ulasan, dan membuat keputusan pembelian. Karena itu, kehadiran online yang kuat sangat penting bagi bisnis yang ingin tetap relevan dan kompetitif di pasar. Pelaku UMKM di Desa Manunggal yang masih memasarkan produk secara konvensional yaitu dilakukan secara offline dan menyebarkan informasi melalui mulut kemulut saja. Hal ini didasari oleh kurangnya informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai digital marketing dan branding UMKM yang menjadikan pelaku UMKM sedikit tertinggal dengan UMKM lain yang telah menerapkan strategi digital marketing untuk usahanya. Salah satu sektor UMKM yang tertinggal pemasarannya adalah penjualan stik bawang dan krupuk didesa manunggal. Salah satu langkah strategis untuk membantu UMKM di Desa Manunggal Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang adalah menyusun strategi branding dan marketing online. Dengan memahami konsep dasar branding, membangun identitas merek yang kuat, dan memanfaatkan berbagai platform digital, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan adalah sosialisasi sampai mengerti dan dapat mempraktekkan strategi branding dan marketing online dalam sebuah produk. Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pihak mitra. Hasil dari kegiatan sosialisasi strategi branding dan marketing online di Desa Manunggal telah berhasil meningkatkan pemahaman ibu-ibu PKK dan pelaku UMKM mengenai pentingnya branding dalam membangun identitas produk. Peserta juga memahami langkah-langkah awal dalam memulai branding, serta pentingnya legalitas usaha dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Wahyudi, W., Waqfin, M. S. I. ., Nisa’, K., Arief, M. A., Gangga, F. ., Hikmah, D., Fatmawati, H. N., & Umam, M. S. (2025). Sosialisasi Dalam Menentukan Strategi Branding dan Marketing Online di Desa Manunggal. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 160–165. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i3.5363

Issue

Section

Articles