Seminar Digital Marketing dan Pelatihan Pembuatan Mie Sawi Hijau untuk Pemberdayaan UMKM di Desa Sidokaton

Authors

  • Purbowo Politeknik Negeri Jember
  • Miftachul Chusnah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Putri Aniusa Oktaviani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nisa Nabila Rahma Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Retno Dwi Puspaningrum Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Vica Soviyana Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Cintia Fitria Hartanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Aldi Dwi Kurniawan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v6i1.5328

Keywords:

Mie, Sawi, Pemasaran, Digital Marketing

Abstract

Sawi hijau merupakan suku sawi-sawian atau Brassicaceae, atau sawi bakso, sayuran ini mudah dibudidayakan dan dapat dimakan segar atau diolah menjadi asinan, lalapan, dan berbagai masakan lainnya. Sawi hijau umumnya dikonsumsi dalam bentuk olahan karena sawi mentah rasanya pahit karena adanya kandungan alkaloid carparine. Sawi hijau  mengandung zat-zat gizi yang cukup lengkap sehingga apabila dikonsumsi sangat baik untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Untuk mengatasi permasalahan kurangnya kesadaran pemanfaatan sawi hijau  sebagai bahan mie dan  kurangnya literasi digital di kalangan Ibu-ibu PKK, UMKM dan petani serta masyarakat Desa Sidokaton diperlukan pelatihan, akses teknologi, dan dukungan teknis. Mendorong kolaborasi antara pihak-pihak yang berpengalaman dalam pemasaran digital dan Ibu-ibu PKK, UMKM dan petani Desa Sidokaton  menjadi langkah positif dan meningkatkan kesadaran serta keberhasilan pemasaran produk mie sawi hijau secara online. Metode pendekatan  pelaksanaan kegiatan ini  menggunakan metode Community Based Research yaitu penjelasan Narasumber kepada mitra. Metode  pada kegiatan ini adalah pertemuan atau tatap muka antara narasumber dengan mitrayang bertempat di Desa Sidokaton, dimana narasumber menjelaskan materi-materi mengenai digital marketing dan pembuatan mie dari bahan sawi hijau. Pelaksanan kegiatan meliputi tahapan tahapan meliputi koordinasi awal dan izin pelaksanaan, Seminar Digital Marketing dan Pelatihan Pembuatan Mie Sawi Hijau , dan Pelaksanaan pembuatan Mie Sawi Hijau “S’ Eco. Dengan adanya kegiatan ini, peserta mendapatkan manfaat mengenai bagaimana cara pembuatan mie sawi hijau dan cara memasarkan melalui platform digital. Dengan kegiatan Seminar Digital Marketing dan Pelatihan Pembuatan Mie Sawi Hijau meningkatkan Pemberdayaan UMKM di Desa Sidokaton dapat dinyatakan berjalan dengan sukses, lancar, serta sesuai dengan apa yang diharapkan.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Purbowo, P., Chusnah, M. ., Aniusa Oktaviani, P., Nabila Rahma, N., Dwi Puspaningrum, R., Soviyana, V., Fitria Hartanti, C., & Dwi Kurniawan, A. (2025). Seminar Digital Marketing dan Pelatihan Pembuatan Mie Sawi Hijau untuk Pemberdayaan UMKM di Desa Sidokaton. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 14–17. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v6i1.5328

Issue

Section

Articles