Penentuan Harga Pokok Produksi Produk Bubur Ayam dengan Metode Variable Costing
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i2.4869Keywords:
Bubur Ayam, Harga Pokok Produksi, Pengabdian Masyarakat, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Variabel costingAbstract
Di Indonesia, bisnis kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah semakin maju. Namun, para pelaku usaha masih banyak mengalami kendala, diantaranya adalah dalam menghitung harga pokok produksi. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara langsung dengan usaha bubur ayam Pak Maman. Hasil analisis menunjukkan jumlah biaya produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bubur Ayam Pak Maman dalam jangka waktu satu bulan adalah Rp10.200.000,00, dengan HPP per porsi sebesar Rp. 4.533,3. Harga jual produk per porsinya adalah Rp. 10.000, menghasilkan margin keuntungan 120,6%. Metode Variable Costing membantu Usaha Pak Maman dalam menetapkan harga jual yang kompetitif dan meningkatkan efisiensi operasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khoerul Umam, Siti Nur Halisa, Nurfitria, Natashia Renaldi, Jennifer Villya Saputra, Ade Elza Surachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.