Penentuan Harga Pokok Produksi Produk Bubur Ayam dengan Metode Variable Costing

Authors

  • Khoerul Umam Universitas Catur Insan Cendekia
  • Siti Nur Halisa Universitas Catur Insan Cendekia
  • Nurfitria Universitas Catur Insan Cendekia
  • Natashia Renaldi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Jennifer Villya Saputra Universitas Catur Insan Cendekia
  • Ade Elza Surachman Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i2.4869

Keywords:

Bubur Ayam, Harga Pokok Produksi, Pengabdian Masyarakat, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Variabel costing

Abstract

Di Indonesia, bisnis kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah semakin maju. Namun, para pelaku usaha masih banyak mengalami kendala, diantaranya adalah dalam menghitung harga pokok produksi. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara langsung dengan usaha bubur ayam Pak Maman. Hasil analisis menunjukkan jumlah biaya produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bubur Ayam Pak Maman dalam jangka waktu satu bulan adalah Rp10.200.000,00, dengan  HPP per porsi sebesar Rp. 4.533,3. Harga jual  produk per porsinya adalah Rp. 10.000, menghasilkan margin keuntungan 120,6%. Metode Variable Costing membantu Usaha Pak Maman  dalam menetapkan harga jual yang kompetitif dan meningkatkan efisiensi operasional.

Downloads

Published

2024-11-02

How to Cite

Umam, K., Halisa, S. N. ., Nurfitria, N., Renaldi, N. ., Saputra, J. V. ., & Surachman, A. E. . (2024). Penentuan Harga Pokok Produksi Produk Bubur Ayam dengan Metode Variable Costing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 97–100. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i2.4869

Issue

Section

Articles