Pendampingan Pelaku Industri Reka Baru Produk Rengginang Halal di Desa Nyamok, Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Fatimah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nala Ilma Nafia UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Titania Abilla UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ade Gunawan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ria Anisatus Sholihah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hendri Hermawan Adinugraha UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i2.4598

Keywords:

inovasi, Makanan, Nilai Jual, Rengginang

Abstract

Kegiatan Pengabdian masyrakat Desa Nyamok bertujuan  untuk dapat membantu pelaku usaha meningkatkan nilai jual produk Rengginang sehingga dapat dikonsumsi semua kalangan dan memiliki nilai tambah sehingga mudah untuk dipasarkan baik secara offline maupun online. Pendampingan ini dilakukan dengan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha dan inovasi produk terkait dengan makanan rengginang halal. Manfaat dalam pendampingan tersebut dapat membantu pelaku industri dalam memahami dan menerapkan standar mutu yang lebih, termasuk kualitas bahan baku sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih tinggi, jaminan halal dan kualitas produk Rengginang yang terjamin kehalalannya dan memiliki sertifikat halal, pelaku industri dapat meningkatkan daya saing pasar baik offline maupun online. Solusi yang ditawarkan yaitu dengan meningkatkan standar mutu dan keamanan pangan, termasuk cara menjaga kebersihan dalam proses produksi dan pengemasan. Dalam kegiatan ini, metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) Melalui metode ini pendampingan pelaku industri dan inovasi produk makanan halal rengginang dapat menarik perhatian konsumen sehingga produk yang sudah ada dapat memenuhi segmen pasar saat ini dan Re-Promoting dengan memasarkan produk rengginang halal melalui marketplace secara online. Dengan menambahkan kreativitas dan inovasi maka nilai jual produk tradisional sederhana ini dapat meningkat. Pemasarannya akan dilakukan secara online untuk memperluas jangkauan dan memperkenalkan produk rengginang singkong Ibu Asih kepada lebih banyak orang. Peningkatan nilai penjualan produk diharapkan dapat mengimbangi peningkatan omzet. Berkat nilai jual yang tinggi, para pelaku usaha memasarkan produknya dengan lebih percaya diri tanpa perlu khawatir dengan pesaing.

Kata Kunci: Rengginang,, inovasi,  nilai jual, makanan

Downloads

Published

2024-11-02

How to Cite

Fatimah, F., Nafia, N. I. ., Abilla, T. ., Gunawan, A. ., Sholihah, R. A. ., & Adinugraha, H. H. . (2024). Pendampingan Pelaku Industri Reka Baru Produk Rengginang Halal di Desa Nyamok, Kabupaten Pekalongan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 76–81. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i2.4598

Issue

Section

Articles