Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Desa Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4495Keywords:
Pemasaran Digital,UMKM , Promosi produk, Peningkatan pendapatanAbstract
Pemasaran digital adalah proses pemasaran produk dan layanan menggunakan media digital secara online atau internet, baik menggunakan e-commerce, atau media sosial yang bertujuan untuk mempromosikan produk. Pemasaran digital yang digunakan termasuk e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, sedangkan media sosial yang digunakan adalah Instagram. Pemasaran digital diperlukan untuk memperluas promosi produk yang dijual oleh pelaku UMKM, sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dan mengundang lebih banyak konsumen potensial untuk memesan produk yang mereka produksi. Metode yang akan digunakan dalam layanan ini dibagi menjadi beberapa tahap, termasuk: observasi, sosialisasi, implementasi, evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner respons sosialisasi. Pelatihan dan sosialisasi tentang pemasaran digital, khususnya yang terkait dengan pemasaran digital untuk UMKM A-AZ makanan ringan di dusun Kedung Lempuk Pesantren Tembelang Jombang memiliki dampak positif bagi pelaku UMKM sehingga mereka dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih baik dan memperluas pasar sehingga dapat mendukung perkembangan dan kemajuan bisnis yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suci Prihatiningtyas, Fitri Umardiyah, Anggun Wulandari, Aisyah Lu'lu'ul Husna, Dian Kusuma Wardani, Wahyu Setyo Ningsih, Ilham Agus Mufajar, Muhammad Abu Wildan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.