Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Desa Pesantren

Authors

  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Fitri Umardiyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Anggun Wulandari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Aisyah Lu'lu'ul Husna Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Dian Kusuma Wardani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wahyu Setyo Ningsih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ilham Agus Mufajar Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Abu Wildan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4495

Keywords:

Pemasaran Digital,UMKM , Promosi produk,  Peningkatan pendapatan

Abstract

Pemasaran digital adalah proses pemasaran produk dan layanan menggunakan media digital secara online atau internet, baik menggunakan e-commerce, atau media sosial yang bertujuan untuk mempromosikan produk. Pemasaran digital yang digunakan termasuk e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, sedangkan media sosial yang digunakan adalah Instagram. Pemasaran digital diperlukan untuk memperluas promosi produk yang dijual oleh pelaku UMKM, sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dan mengundang lebih banyak konsumen potensial untuk memesan produk yang mereka produksi. Metode yang akan digunakan dalam layanan ini dibagi menjadi beberapa tahap, termasuk: observasi, sosialisasi, implementasi, evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner respons sosialisasi. Pelatihan dan sosialisasi tentang pemasaran digital, khususnya yang terkait dengan pemasaran digital untuk UMKM A-AZ makanan ringan di dusun Kedung Lempuk Pesantren Tembelang Jombang memiliki dampak positif bagi pelaku UMKM sehingga mereka dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih baik dan memperluas pasar sehingga dapat mendukung perkembangan dan kemajuan bisnis yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

 

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Prihatiningtyas, S., Umardiyah, F., Wulandari, A., Husna, A. L., Wardani, D. K., Ningsih, W. S., Mufajar, I. A., & Wildan, M. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Desa Pesantren. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4495

Issue

Section

Articles