Pelatihan Pembuatan Tepung Mokaf dan Digital Marketing pada PKK Desa Johowinong Mojoagung Jombang.

Authors

  • Miftachul Chusnah Universitas K.H.A. Wahab Hasbullah
  • Purbowo Universitas K.H.A Wahab Hasbullah
  • Umi Latifah Universitas K.H.A Wahab Hasbullah
  • Liweul Wilayah Universitas K.H.A Wahab Hasbullah
  • Bramantio Universitas K.H.A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4135

Keywords:

Tepung Mokaf, Pemasaran, Digital Marketing, Pelatihan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyaraktat ini adalah  untuk dapat memanfaatkan potensi singkong sebagai bahan baku tepung mocaf dan masyarakat  desa  bisa memahami strategi pemasaran digital yang efektif dan kreatif.. Pelaksanaan kegiatan ini di Balaidesa Johowining Mojoagung Jombang dengan  khalayak sasaran Ibu Ibu PKK desa Johowinong. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dengan Community Based   Research yaitu penjelasan Narasumber kepada mitra. Metode yang dipakai pada kegiatan ini adalah pertemuan atau tatap muka antara narasumber dengan  mitra . Melalui Pengabdian ini para Ibu PKK desa Johowinong mengetahui tentang pemanfaatan singkong sebagai bahan pembuatan tepung mocaf sehingga bisa menambah nilai ekonomis singkong dan memahami diversifikasi produk olahan. Para Ibu PKK desa Johowinong juga memahami metode digital marketing dalam memasarkan tepung mocaf. Digital marketing memiliki dampak yang baik bagi Ibu PKK desa Johowinong untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas. Dengan memasarkan produk melalui e-commerce, akan  dapat menambah penjualan dan pendapatan jika digunakan dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan kegiatan bersifat partisipatori, dimana kelompok pengusul dan mitra bersama-sama aktif dalam setiap kegiatan. Tahapan pelaksanaan kegiatan  adalah  Koordinasi awal dan izin pelaksanaan seminar digital marketing dan pelatihan pembuatan tepung mokaf kepada  Narasumber.  Pelaksanaan pembuatan tepung mocaf oleh ibu PKK.  Kegiatan Pengabdian Masyarakat, berjalan  sukses, lancar, serta sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari hasil observasi, para Ibu PKK Desa Johowinong mengetahui bahwa singkong dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar tepung mocaf serta dapat dengan mudah di pasarkan melalui platform digital. Dari hasil wawancara para Ibu PKK desa Johowinong merasa terbantu dengan adannya seminar digital marketing dan pelatihan pembuatan tepung mocaf.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Miftachul Chusnah, Purbowo, Umi Latifah, Liweul Wilayah, & Bramantio. (2024). Pelatihan Pembuatan Tepung Mokaf dan Digital Marketing pada PKK Desa Johowinong Mojoagung Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4135

Issue

Section

Articles