Pembuatan NIB dan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Efektifitas Pemasaran Produk UMKM Desa Miagan

Authors

  • Bekti Widyaningsih Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Arivatu Ni’mati Rahmatika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khotim Fadhli Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Tiara Putri Agustina Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Silviana Najuwah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i3.4009

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini nertujuan untuk memberikan pemahaman atau tambahan wawasan kepada para pelaku UMKM di Desa Miagan tentang pentingnya sertifikasi halal, melatih, dan membantu bisnis UMKM dalam memperluas pemasaran produknya guna untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari bisnis UMKM. Pendampingan terhapat masyarakat yang telah memiliki UMKM agar dapat mendaftarkan sertifikat halal sehingga bisa memperkuat produknya di persaingan pemasaran dan ekonomi secara luas. Prioritas persoalan mitra adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan peminatan dalam membuat label halal pada produk, hingga mengakibatkan sulitnya perluasan pemasaran produk, dan hal ini berpengaruh pada pendapatan mereka. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini adalah Community Based Research yaitu penjelasan Narasumber kepada mitra. Metode yang dipakai pada kegiatan ini adalah pertemuan atau tatap muka antara narasumber dengan mitra UMKM yang bertempat di Desa Miagan, dimana narasumber berperan penting dalam menjelaskan materi-materi mengenai cara pembuatan NIB dan pentingnya sertifikasi halal sebuah produk guna memperluas pemasaran pada produk UMKM. Sehingga kegiatan ini ini dapat memberikan kesadaran betapa pentingnya memiliki sertifikat halal pada produk. Produk yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat ini ialah Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal pada produk UMKM warga di Desa Miagan. Label halal merupakan suatu bagian dari sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau penjualnya, di mana labelhalal ini dapat membantu pelaku UMKM dalam memperluas pemasaran produknya serta menambah pendapatan bagi para pelaku UMKM.

Kata Kunci: NIB, Sertifikat Halal, UMKM

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Widyaningsih, B., Rahmatika, A. N. ., Fadhli, K., Agustina, T. P. ., & Najuwah, S. (2024). Pembuatan NIB dan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Efektifitas Pemasaran Produk UMKM Desa Miagan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 108–113. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i3.4009

Issue

Section

Articles