Upgrading Produk Label Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran Pada Umkm Rengginang di Desa Perpat, Belitung

Authors

  • Alfira Putri Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Desty Wulansari Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Dini Novitasari Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Donny Suhendri Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Fathanah Erika Pratama Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Iqbal Setiawan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Riza Oktavianti Putri Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Syukron Ma'mun Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Umi Kulsum Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Viola Viola Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sujadi Priyansah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i2.3521

Keywords:

UMKM, Label Kemasan, Upgrading Produk, Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian masyarakat, hal itu menyebabkan masyarakat memanfaatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Diantaranya UMKM yang dikelola oleh Ibu Rahayu yaitu pembuatan Rengginang. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah dengan memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM terkait pembuatan label kemasan pada produk Rengginang, plastik packaging yang mnearik, dan teknik pemasaran dengan menggunakan Media Sosial. Kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung di Desa Perpat, Belitung dalam pemberdayaan UMKM Rengginang terkait dengan mendesain logo dan membuat label kemasan pada produk rengginang Ibu Suryani yang digunakan sebagai upgrading produk. Upgrading produk tersebut diharapkan bisa menjadi pembeda dengan produk kemasan yang lain dan menambah daya saing dalam usaha UMKM Rengginang Ibu Rahayu, dan dapat dikenali masyarakat luas, selain itu program kerja ini diharapkan bisa meningkatkan konsumen baru agar penjualan semakin meningkat serta bias menstabilkan perekonomian yang ada.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Putri, A., Wulansari, D., Novitasari, D., Suhendri, D., Erika Pratama, F., Setiawan, I., Oktavianti Putri, R., Ma’mun, S., Kulsum, U., Viola, V., & Priyansah, S. (2024). Upgrading Produk Label Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran Pada Umkm Rengginang di Desa Perpat, Belitung. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 91–94. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i2.3521

Issue

Section

Articles