Pengembangan Olahan Hasil Budikdamber sebagai Peluang Wirausaha untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga Desa Gabusbanaran Tembelang Jombang

Authors

  • Waslah Waslah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Lutfi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mas Azzaqiatus Sholiha Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Zulfa Ulin Nuha Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Agus Suhadi Dinas Pertanian Kab. Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i1.3101

Keywords:

Development, processing, budikdamber, improvement, economy

Abstract

Berdasarkan situasi dan kondisi yang ada di Desa Gabusbanaran, ada beberapa masalah yang dihadapi masyarakat desa gabusbanaran di antaranya,kurangnya wawasan mengenai kewirausahaan dan kurangnya inovasi produk untuk berwirausaha yang bertujuan untuk program kemitraan masyarakat desa Gabusbanaran adalah memberikan wawasan yang lebih luas terkait kewirausahaan serta memberikan inovasi produk untuk berwirausaha.

Metode pendekatan yang digunakan dalam seminar kewirausahaan adalah metode ceramah. Seminar kewirausahaan kemudian diikuti oleh kegiatan focus group discussion untuk membahas lebih lanjut mengenai permasalahan-permasalahan anggota mitra. Sedangkan untuk pelatihan pembuatan produk keripik stunting adalah dengan metode praktik.

Adapun hasil dari kegiatan pelatihan pembuatan produk kripik stunting ditujkan pada anggota PKK. Seminar dan pelatihan tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berwirausaha guna memperkuat ekonomi keluarga, selain bermanfaat di sektor ekonomi, seminar kewirausahaan bermanfaat di bidang pendidikan untuk membentuk individu yang produktif dan kreatif. Produk yang dihasilkan dari pelatihan juga bermanfaat untuk kesehatan. Keripik stunting mengandung protein tinggi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Waslah, W., Lutfi, M., Sholiha, M. A., Nuha, Z. U., & Suhadi, A. (2023). Pengembangan Olahan Hasil Budikdamber sebagai Peluang Wirausaha untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga Desa Gabusbanaran Tembelang Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 53–56. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i1.3101

Issue

Section

Articles