Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang

Authors

  • Talitha Shirleen Almira Zulaikha Universitas Negeri Malang
  • Slamet Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Tasya Az Zahra Khadijah Universitas Negeri Malang
  • Wahyu Fahmisyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158

Keywords:

pemasaran digital, pariwisata, desa wisata, media sosial

Abstract

Desa Gubugklakah adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang yang merupakan jalur utama menuju Kawasan Bromo Tengger Semeru, memiliki potensi dalam sektor pertanian, perkebunan, dan sektor pariwisata yang tinggi. Pasca pandemi Covid-19 yang membuat seluruh aktivitas pariwisata dan pariwisata di Desa Gubugklakah perlu dihidupkan kembali terdapat beberapa kendala yang harus diatasi seperti ketidakkonsistenan para penggiat wisata dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Desa Gubugklakah, khususnya dalam pemanfaatan pemasaran digital. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kepada penggiat dan dalam upaya meningkatan strategi digital marketing dan Desa Gubugklakah pasca pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil dari pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenai pengelolaan media sosial sebagai sarana media digital marketing yang meliputi pembuatan dan kesesuaian konten, kelengkapan informasi pada halaman utama, dan upaya-upaya dalam meningkatkan insight dengan iklan berbayar.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Zulaikha, T. S. A., Fauzan, S., Khadijah, T. A. Z., & Fahmisyah, W. (2022). Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 168–174. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158

Issue

Section

Articles