Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158Keywords:
pemasaran digital, pariwisata, desa wisata, media sosialAbstract
Desa Gubugklakah adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang yang merupakan jalur utama menuju Kawasan Bromo Tengger Semeru, memiliki potensi dalam sektor pertanian, perkebunan, dan sektor pariwisata yang tinggi. Pasca pandemi Covid-19 yang membuat seluruh aktivitas pariwisata dan pariwisata di Desa Gubugklakah perlu dihidupkan kembali terdapat beberapa kendala yang harus diatasi seperti ketidakkonsistenan para penggiat wisata dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Desa Gubugklakah, khususnya dalam pemanfaatan pemasaran digital. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kepada penggiat dan dalam upaya meningkatan strategi digital marketing dan Desa Gubugklakah pasca pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil dari pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenai pengelolaan media sosial sebagai sarana media digital marketing yang meliputi pembuatan dan kesesuaian konten, kelengkapan informasi pada halaman utama, dan upaya-upaya dalam meningkatkan insight dengan iklan berbayar.