Membentuk Jiwa Entrepreneur Mandiri Kreatif Produktif Di Masa Pandemi

  • Muhammad Fodhil Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Siti Amaliah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Riyas Nur Wardani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membentuk Jiwa Entrepreneur Mandiri Kreatif Produktif di Masa Pandemi. Metode pendekatan ini untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam  skema KKN-PPM yang meliputi metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah dan diskusi dilaksanakan pada kegiatan seminar peningkatan produktifitas di masa pandemi.

Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode ceramah melalui bentuk sosialisasi dan diadakan seminar bagaimana caranya agar tetap produktif di masa pandemi seperti ini. Melalui kegiatan seminar ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pihak mitra dan metode ceramah dan diskusi yang digunakan akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam.

Kegiatan selanjutnya adanya kegiatan diskusi dan Tanya jawab dengan peserta sosialisasi yang dikemas melalui Focus Grup Discusion (FGD). Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa beberapa peserta 10 seminar mengalami kebingungan dalam pengolahan produk. Salah satu contoh kebingungan peserta adalah petani jeruk nipis yang kesulitan mengolah hasil panennya sendiri menjadi produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Published
2021-04-28
How to Cite
Fodhil, M., Amaliah, S., & Wardani, R. N. (2021). Membentuk Jiwa Entrepreneur Mandiri Kreatif Produktif Di Masa Pandemi. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45-52. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1142
Section
Articles