Pelatihan Berwirausaha dalam Bidang Kuliner dengan Menggunakan Modal dibawah Seratus Ribu Rupiah

  • Muhammad Farid Nasrulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Eliza Verdianingsih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Fitri Umardiyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Adib Faqihudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Pelatihan_Wirausaha;Bidang_Kuliner.

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui Pelatihan Berwirausaha Dalam Bidang Kuliner Dengan Menggunakan Modal Dibawah Rp. 100.000 memiliki tujuan sebagai berikut. (1) Meningkatkan kemampuan dan pemahaman msyarakat terhadap memulai usaha tidak selalu menggunakan modal yang besar. (2) Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan masyarakat dalam membuat produk untuk mendapatkan omset 100-200 %. (3) Membantu mengurangi masyarakat yang berhenti bekerja sementara untuk mendapatkan pemasukan tetap. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode pelatihan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode pelatihan melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat membuat 3 produk. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pihak masyarakat dan bermanfaat untuk kedepannya. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. (1) Memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta pengalaman untuk masyarakat khususnya pararemaja perempuan untuk menghasilkan sebuah produk untuk mendapatkan omset untuk bertahan hidup. (2) Meningkatan keterampilan para remaja perempuan. (3) Meningkatan kerjasama para remaja perempuan.

Author Biography

Muhammad Farid Nasrulloh, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini didukung oleh beberapa pihak salah satunya adalah perangkat desa dan warga desa limo. Kegiatan ini akan mencapai keberhasilan dan kelancaran karena adanya kerjasama dengan pihak mitra (sasaran) dimana sumber permasalahan diperoleh dari pihak mitra tersebut. Pelaksanaan ini bersifat partisipatori, dimana tim pengusul dan mitra secara bersama-sama dan proaktif untuk terlibat dalam setiap kegiatan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan di Bulan Oktober 2020. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan melalui sekali pertemuan atau tatap muka. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di balai desa limo kabupaten Jawa Barat.

Published
2021-04-28
How to Cite
Nasrulloh, M. F., Verdianingsih, E., Umardiyah, F., & Faqihudin, M. A. (2021). Pelatihan Berwirausaha dalam Bidang Kuliner dengan Menggunakan Modal dibawah Seratus Ribu Rupiah. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 6-10. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1134
Section
Articles