https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/issue/feed Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2025-09-08T02:10:16+00:00 M. Qoyum Zuhriawan qoyum@unwaha.ac.id Open Journal Systems <p>JUMAT KEAGAMAAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang keagamaan yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) dengan ISSN: 2774-7964. Jurnal ini terbit tiga kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal ini terakreditasi oleh KEMDIKTISAINTEK.</p> https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/6232 Studi Pengabdian : Kontribusi Program KKN UIN Walisongo dalam Penguatan Pendidikan di Pondok Pesantren Roudlotuth Tholibin Semarang 2025-09-06T23:18:17+00:00 Nabila Khoirotun Nisa nabilakn1304@gmail.com Siti Fatimah Azzahro Azzahro@gmail.com Zubriadi Zubriadi Zubriadi@gmail.com Astri Zahwa Ajeng Rizqina Rizqina@gmail.com <p><em>Pendampingan Belajar Mengajar melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan upaya strategis dalam penguatan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Kabupaten Semarang. Kitab kuning sebagai warisan keilmuan klasik pesantren menghadapi tantangan dalam pemahaman bahasa Arab klasik dan metode pengajaran konvensional seperti sorogan dan bandongan yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mengeksplorasi kontribusi program KKN UIN Walisongo dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning melalui metode pembelajaran inovatif dan interaktif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan KKN tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi kitab kuning santri, tetapi juga memotivasi santri untuk lebih kritis dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain aspek teknis, pendampingan ini memperkuat hubungan sosial antara mahasiswa dan santri, menciptakan atmosfer pembelajaran yang inklusif dan suportif. Studi ini menegaskan pentingnya integrasi metode pembelajaran modern dalam tradisi pesantren untuk menjaga keberlanjutan pendidikan Islam klasik sekaligus menjawab tantangan zaman. Dengan demikian, pendampingan KKN di Pesantren Raudhatut Thalibin berperan penting dalam memperkaya dan mengefektifkan pembelajaran kitab kuning secara berkelanjutan dan relevan.</em></p> 2025-09-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Nabila Khoirotun Nisa, Siti Fatimah Azzahro, Zubriadi Zubriadi, Astri Zahwa Ajeng Rizqina https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/6173 Revitalisasi Pramuka Berbasis Nilai Islami Melalui Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) di MI Ma’arif Sraten Kabupaten Semarang Tahun 2025 2025-08-28T04:03:55+00:00 Alma Azrel Pamula almakuliah@gmail.com Ulfa Dwi Lestari ulfadwilestari706@gmail.com Maritza Verda Tsary maritzaverda15@gmail.com Rita Nabila ritaanbl@gmail.com Shobri Zahfatun Najwa shobrizahfatun@gmail.com <p><em>Since 2011, scouting activities at MI Ma'arif Sraten in Semarang Regency have not been conducted regularly. Activities only appeared during the Pesta Siaga competition for selected students, and during the COVID-19 pandemic they stopped completely. Consequently, students lost a platform to develop discipline, leadership, teamwork, and independence. This program aimed to: (1) revive scouting activities at MI Ma’arif Sraten, (2) equip students in grades 4–6 with basic scouting skills, and (3) integrate Islamic values into scouting. The method was implemented through a Friday–Saturday Camp (Perjusa) on August 8–9, 2025, involving 50 students guided by nine teachers. Activities emphasized hands-on practice, including tent setup, ceremony drills, marching, code breaking, cheers, wide games, and a campfire. All sessions were combined with Islamic practices such as congregational prayers, memorization of short suras, and time management discipline. The results showed high enthusiasm; students who previously lacked experience were able to acquire and practice basic scouting skills effectively. Thus, Perjusa proved effective as a means of revitalizing scouting with Islamic values and served as a medium for character building in discipline, independence, religiosity, and social responsibility.</em></p> 2025-09-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Alma Azrel Pamula, Ulfa Dwi Lestari, Maritza Verda Tsary, Rita Nabila, Shobri Zahfatun Najwa https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/6079 Ideologi Trans-Nasionalisme Sebagai Gerakan: Hizbut Tahrir Indonesia 2025-08-02T09:50:09+00:00 Dwiki Nur Halimi dwinatha44@gmail.com Uun Yusufa Yusufa@gmail.com <p><em>Hizbut Tahrir Indonesia merupakan suatu </em><em>gerakan</em><em> organisasi </em><em>transnasional </em><em>dengan </em><em>berlandaskan pada ideologi pan-Islamisme</em><em> yang bertujuan untuk dapat mewujudkan negara khilafah sehingga dapat menerapkan segala hukum dalam suatu negara berdasarkan ajaran islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah latar belakang berdirinya Hizbut Tahrir Indonesia sehingga dapat memahami ideologi pemikirannya dan mendeskripsikan mobilitas atau pergerakan Hizbut Tahrir Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, latar belakang berdirinya Hizbut Tahrir Indonesia diawali dengan kehadiran Abdul Rahman al-Baghdadi sebagai anggota Hizbut Tahrir dari Yordania yang berdakwah dengan pendekatan ideologis dan intelektual dalam menyebarkan islam pada tahun 1983. Kedua, ideologi pemikiran Hizbut Tahrir Indonesia yakni berdasarkan konsep dasar, prespektif ideologis, landasan hukum serta metode perjuangan thariqah secara menyeluruh berdasarkan ajaran islam yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum pertama dan Al-Hadist sebagai sumber hukum kedua yang ditopang oleh yakni ijma’ sahabat dan qiyas dalam urusan pribadi, kelompok bahkan bernegara. Ketiga, mobilitas Hizbut Tahrir Indonesia bergerak dalam ruang lingkup </em><em>demonstrasi terbuka, pelaksanaan seminar dan forum diskusi, penyebaran gagasan melalui media sosial, </em><em>melakkan pendekatan</em><em> kepada berbagai tokoh masyarakat dan lembaga-lembaga pendidikan sebagai bagian dari strategi dakwah dan perluasan pengaruh ideologis mereka</em></p> 2025-08-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dwiki Nur Halimi, Uun Yusufa https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/5382 Pelatihan Pemulasaran Jenazah bagi Kelompok PKK Desa Kudubanjar 2025-07-28T10:41:15+00:00 Ahmad Sholahuddin fitriumardiyah@unwaha.ac.id Fitri Umardiyah fitriumardiyah@unwaha.ac.id Khoirul Anam fitriumardiyah@unwaha.ac.id Khusnul Khotimah khusnulkhotimah@unwaha.ac.id Faisol Hidayatulloh dgoesproduction@gmail.com <p><em>A phenomenon that has emerged in society today is that people think they don't need to know how to care for a corpse from start to finish because they already have their own staff.&nbsp; This is a weakness if one day a death occurs at the same time, then the disposal of the body will be delayed due to the lack of a search team. Based on this, the team carried out corpse handling training activities as a form of cadre formation and increasing knowledge and skills in fulfilling religious obligations. The targets of the training were &nbsp;members of PKK (family empowerment community) in Kudubanjar Village. The training consists of providing material and practice for one day. The practices carried out include the process of washing the body, shrouding the body, and intersecting the body. Through this training, PKK women who have never known the procedures for exhuming corpses will understand and be able to practice.</em></p> 2025-08-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ahmad Sholahuddin, Fitri Umardiyah, Khoirul Anam, Khusnul Khotimah, Faisol Hidayatulloh https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/5310 Pelatihan Cepat Qiraah 7 Nada Guna Meningkatkan Minat Bakat Serta Memupuk Generasi Qori Desa Manunggal 2025-07-28T10:27:53+00:00 Khoirun Nisa' neesaalkhoirot@unwaha.ac.id Wahyudi Wahyudi wahyudi@unwaha.ac.id Teguh Shalahuddin Teguhshalahuddin45@gmail.com Ilyas Nurwakhid ilyasnur1905@gmail.com Mely Shofaul Husna melyshf@gmail.com M Nuril Anwar anwar52463@gmail.com Firda Zajilah Rohmah firdazajilah@gmail.com Nailul Maghfiroh ff4300379@gmail.com <p><em>Dari penelitian yang kami lakukan di desa Manunggal membutuhkan. pelatihan cepat qiro`ah 7 nada yang bertujuan untuk meningkatkan minat bakat serta memupuk generasi Qori` pemuda pemudi desa Manunggal Kec. Manunggal Kab. Jombang., Agar anak-anak, remaja maupun orang dewasa yang mana hal ini untuk membentuk sebagai penerus&nbsp; generassi Qiraah di desa tersebut , Walaupun pelatihan qira`ah di desa Manunggal sudah pernah diadakan namun sekarang sudah tidak berjalan karena kurangnya minat dan beberapa alasan lain yang mungkin dalam hal ini tidak bisa saya sebutkan karena menjadi privasi, yang mana hal tersebut kami ketahui dari analisa kami di beberapa warga Manunggal khususnya mantan guru qiro`ah di desa tersebut. Maka dari itu yang kami lakukan, merencanakan untuk mengadakan dan menjalankan lagi program pelatihan Qiraah pada desa tersebut karena selain untuk menjalankan Qiraah dan meneruskan generasi qori` qoriat, Qiraah juga sangat penting bagi pendidikan dan wawasan bagi masyarakat setempat khususnya terhadap anak-anak karena selain untuk Qiraah anak-anak juga bisa menerapkan nada-nada yang sudah dipelajari dalam Qiraah terhadap pembacaan Al-Qur`an di setiap harinya yang bertujuan untuk memperindah bacaannya.Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kombinasi dari beberapa metode yaitu Pendekatan ceramah, Demostrasi, visual.hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan minat anak-anak terhadap pembelajaran qiraah, dan pengetahuan mengenai nada-nada di dalam pembacaan al-quran, serta anak-anak sudah dapat menirukan nada-nada qiraah yang telah diajarkan oleh pemateri</em></p> 2025-08-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Khoirun Nisa', Wahyudi, Teguh Shalahuddin, Ilyas Nurwakhid, Mely Shofaul Husna, M Nuril Anwar, Firda Zajilah Rohmah, Nailul Maghfiroh https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/6237 Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain Kelompok di Paud At-Takhiriyah Desa Buniwangi 2025-09-08T02:10:16+00:00 Endan Hamdan Ridwan hamdanridwan890@gmail.com Alfa Rohmatin Rohmatin@gmail.com Sakinah Fitria Zulva Zulva@gmail.com Ida Laelasari Laelasari@gmail.com Siti Aisyah Aisyah@gmail.com Gina Raudatul Janah Janah@gmail.com <p><em>Pengembangan keterampilan sosial anak usia dini merupakan isu penting dalam pendidikan karena berpengaruh pada kemampuan berinteraksi, berbagi, bekerja sama, serta membangun empati. Fokus pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan sosial anak di PAUD Attahiriyah Desa Buniwangi Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur melalui kegiatan bermain kelompok. Tujuan kegiatan adalah memberikan pendampingan berbasis permainan kolaboratif agar anak lebih terbiasa bekerja sama, menaati aturan, dan menunjukkan kepedulian terhadap teman. Metode yang digunakan adalah pendekatan ABCD dengan strategi observasi partisipatif, melibatkan guru dan anak dalam perencanaan serta pelaksanaan kegiatan. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu identifikasi aset, perumusan harapan bersama, perancangan program, pelaksanaan, dan evaluasi. Permainan yang digunakan meliputi menyusun balok, memindahkan gelas plastik dengan sedotan, serta permainan memindahkan kardus secara berkelompok. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perkembangan signifikan pada keterampilan sosial anak. Sebagian besar anak meningkat dari kategori mulai berkembang menjadi berkembang sesuai harapan, bahkan beberapa anak mencapai berkembang sangat baik dengan mampu membantu dan memotivasi teman. Kegiatan ini juga berdampak pada guru yang lebih terbantu dalam menciptakan suasana kelas kondusif dan interaktif. Dengan demikian, kegiatan bermain kelompok terbukti efektif sebagai strategi pendidikan anak usia dini untuk menumbuhkan kerja sama, disiplin, komunikasi, dan empati, serta dapat direplikasi di lembaga PAUD lain.</em></p> 2025-09-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Endan Hamdan Ridwan, Alfa Rohmatin, Sakinah Fitria Zulva, Ida Laelasari Laelasari, Siti Aisyah, Gina Raudatul Janah https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/6210 Penguatan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Melalui Kegiatan KKM PIAUD di Desa Situhiang 2025-09-02T04:46:56+00:00 Diansyah Diansyah diansyahpermana240@gmail.com Rohmatin Rohmatin alfarohmatin88@gmail.com Halwa Ratu Amani halwaratuamani@gmail.com Evi Siti Sonia evisitisonia4444@gmail.com Lilis Sari Rosidah Luthfialulu79@gmail.com Syahrazz Rifqah Rosadi syahrazzrifqah08@gmail.com <p><em>Early childhood is a critical period for developing independence (self-help, responsibility, confidence). In Situhiang Village (Cianjur), bullying and limited home stimulation were observed to hinder these outcomes. This community service aimed to strengthen children’s independent character through the Early Childhood Islamic Education (PIAUD) Student Community Service (KKM) using an Asset-Based Community Development (ABCD) approach. Activities were co-designed with parents, PAUD teachers, and community leaders (5D: Discover–Dream–Design–Define–Destiny). Data were collected through participatory observation, brief pre–post field notes, and weekly reflections with parents/teachers. The program fostered more active participation, improved willingness to speak up, and increased independence in daily routines (e.g., tidying up toys, washing hands, simple self-help tasks). These gains were supported by a safer learning climate and consistent reinforcement at home. The findings highlight ABCD’s practicality for character education in rural settings and underline the importance of family–school–community collaboration. Future work should incorporate clearer measurement tools and follow-up monitoring to assess sustainability.</em></p> 2025-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 diansyah, Rohmatin, Amani; Sonia; Rosidah, Rosadi https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/6117 Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Membentuk Generasi Rabbani 2025-08-30T02:01:11+00:00 Ayu Ratih Rizki Pradika ayuratihpradika@stitinsankamil.ac.id Rahmi Yulfa rahmiyulfa@stitinsankamil.ac.id <p><em>Rabbani education is crucial for shaping a generation with strong faith and morals. Rabbani education is expected to strengthen the character of the generation, enabling them to develop a personality formed through the internalization of various virtues, which serves as a foundation for righteous behavior in their lives. The implementation of Rabbani education for character building is inseparable from the role of parents in the family and teachers in schools. The purpose of this community service is to provide knowledge and understanding regarding the role of parents and schools in shaping the Rabbani generation, to offer additional insights into the factors contributing to children's character problems, and to offer understanding and solutions to parents and schools experiencing challenges with children's character development. This outreach used a visual communicative method based on PowerPoint presentations. The results obtained from this outreach were that this activity ran well thanks to the support of many parties, including the teachers and principal of PAUD SIMPATI 1, all parents/guardians of PAUD SIMPATI 1 students, and community leaders. It was deemed successful because the participants understood the lesson, as evidenced by the answers to several questions posed by the presenter to several participants.</em></p> 2025-09-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ayu Ratih Rizki Pradika, Rahmi Yulfa https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/5662 Meningkatkan Pemahaman Thaharah melalui seminar Fathul Qorib Guru-Wali Madrasah Desa Ngampel: Pendekatan Sosiopsikologis 2025-07-28T10:37:49+00:00 achmad agus athok miftachuddin agusathok@unwaha.ac.id Emi Lilawati emi@unwaha.ac.id Elfa Diana Rosyada elfadiana69@gmail.com Hafidz Ilyas hafidzilyassantri@gmail.com <p><em>Desa Ngampel di Jawa Timur mayoritas dihuni oleh penduduk beragama Islam, yang tercermin dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Namun, tantangan muncul dalam pemahaman konsep kesucian, khususnya terkait tata cara bersuci yang benar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada peningkatan pemahaman guru dan wali murid di sebuah madrasah setingkat sekolah dasar di Desa Ngampel mengenai konsep najis, jenis-jenis najis, dan tata cara penyuciannya sesuai ajaran fiqih Fathul Qarib. Program ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan pengetahuan masyarakat tentang bersuci yang menjadi syarat penting dalam ibadah. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan sosiologis dan psikologis diterapkan guna memahami kebutuhan masyarakat melalui observasi langsung terhadap kondisi desa dan aktivitas sehari-hari warga, diikuti dengan seminar edukasi yang membahas materi fiqih tentang kesucian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap tata cara bersuci yang benar, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah dengan lebih baik sesuai ajaran agama. Seminar ini juga berhasil menciptakan interaksi aktif antara narasumber dan peserta, yang mendukung penyampaian materi secara efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Ngampel.</em></p> 2025-08-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 achmad agus athok miftachuddin, Emi Lilawati; Elfa Diana Rosyada, Hafidz Ilyas https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/5321 Bedah Buku Fiqih Keseharian Berbasis Barcode Kepada Remaja dan Masyarakat Desa Sidokaton Jombang 2025-07-28T10:32:28+00:00 Miftachul Chusnah chusnah@unwaha.ac.id Siti Nur Qomariyah sitinurqomariyah@unwaha.ac.id Husnur Ridlo ridlo@gmail.com Nurul Intan Yuliana nurul@gmail.com Siti Sundari Setyowati sundari@gmail.com Susi Astari susi@gmail.com Rangga Mukti rangga@gmail.com Qurrotul Aini Oktavia Wardani qurotul@gmail.com <p><em>Paradigma pendidikan di Indonesia saat ini cenderung menekankan pada pendidikan formal di sekolah, yang berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan dalam pemahaman pendidikan secara keseluruhan.. Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan orientasi pendidikan antara formal dan non-formal untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh</em>. <em>Buku fiqih keseharian berfungsi sebagai panduan praktis dalam menjalankan ajaran Islam sehari-hari. Penggunaan teknologi barcode pada buku ini dapat mempermudah akses informasi tambahan seperti video penjelasan atau materi interaktif lainnya.</em>. <em>Tantangan utama dalam penerapan teknologi barcode di Desa Sidokaton adalah keterbatasan akses teknologi dan pemahaman masyarakat mengenai cara memanfaatkan teknologi tersebut, sehingga perlu program pengabdian masyarakat, dengan menyelenggarakan bedah buku fiqih keseharian dengan menggunakan barcode di Desa Sidokaton</em>.&nbsp; <em>Adapun tujuan khusus dari&nbsp; kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman fiqih keseharian di kalangan masyarakat dan remaja dan Memperkenalkan teknologi sebagai alat pembelajaran. Sasaran dari kegiatan ini adalah&nbsp; perangkat desa, ibu-ibu PKK, pengurus TPQ, tokoh masyarakat, karang taruna, Pengurus PRNU dan juga anggota IPNU/IPPNU setempat dengan jumlah peserta pelatihan ini berjumlah 33 orang,&nbsp; dilaksanakan di Balaidesa desa Sidokaton tanggal 23 Agustus 2024.. &nbsp;&nbsp;.Pendekatan edukatif digunakan untuk memastikan bahwa materi fiqh dapat dipahami dengan baik oleh peserta..Pendekatan partisipatif diterapkan untuk mendorong peserta lebih aktif terlibat dalam proses belajar. &nbsp;Pelaksanaan kegiatan ini melipuyi beberapa tahapan &nbsp;yaitu identifikasi, perencanaan (persiapan bahan, menyusun materi persiapan kaegiatan) dan pelaksnaan kegiatan. Kegiatan Bedah Buku Fiqih Keseharian Berbasis Barcode ini memiliki dampak positif dalam sektor keagamaan, &nbsp;didasarkan pada meningkatnya pemahaman masyarakat dan remaja mengenai pentingnya Fiqih dalam kehidupan sehari-hari, yang diukur melalui angket kepuasan peserta setelah mengikuti kegiatan tersebut.</em></p> 2025-08-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Miftachul Chusnah, Siti Nur Qomariyah, Husnur Ridlo, Nurul Intan Yuliana, Siti Sundari Setyowati, Susi Astari, Rangga Mukti, Qurrotul Aini Oktavia Wardani