Studi Pengabdian : Kontribusi Program KKN UIN Walisongo dalam Penguatan Pendidikan di Pondok Pesantren Roudlotuth Tholibin Semarang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v6i2.6232Keywords:
KKN, Pendamping Belajar,Kitab Kuning, Pesantren, Nahwu-SharafAbstract
Pendampingan Belajar Mengajar melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan upaya strategis dalam penguatan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Kabupaten Semarang. Kitab kuning sebagai warisan keilmuan klasik pesantren menghadapi tantangan dalam pemahaman bahasa Arab klasik dan metode pengajaran konvensional seperti sorogan dan bandongan yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mengeksplorasi kontribusi program KKN UIN Walisongo dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning melalui metode pembelajaran inovatif dan interaktif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan KKN tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi kitab kuning santri, tetapi juga memotivasi santri untuk lebih kritis dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain aspek teknis, pendampingan ini memperkuat hubungan sosial antara mahasiswa dan santri, menciptakan atmosfer pembelajaran yang inklusif dan suportif. Studi ini menegaskan pentingnya integrasi metode pembelajaran modern dalam tradisi pesantren untuk menjaga keberlanjutan pendidikan Islam klasik sekaligus menjawab tantangan zaman. Dengan demikian, pendampingan KKN di Pesantren Raudhatut Thalibin berperan penting dalam memperkaya dan mengefektifkan pembelajaran kitab kuning secara berkelanjutan dan relevan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Khoirotun Nisa, Siti Fatimah Azzahro, Zubriadi Zubriadi, Astri Zahwa Ajeng Rizqina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




