Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Nurussalam Dusun Gamol Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i3.5354Keywords:
Pendampingan Belajar, TPQ, Participatory Action Research, Pengabdian MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak-anak di TPQ Nurussalam Dusun Gamol, Salatiga, melalui kegiatan pendampingan belajar dengan menggunakan metode PAR. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tahap survei awal, observasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga terfokus terhadap pendampingan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Kegiatan ini dilaksanakan selama 40 hari mulai tanggal 2 Agustus-10 September 2024 dengan melibatkan partisipasi aktif dari pengajar TPQ dan anak-anak. Pendampingan ini fokus pada pembelajaran dengan membagi dua kelas, yaitu kelas Iqra’ serta kelas Juz Amma dan Al-Qur’an menggunakan model yang variatif seperti belajar menulis huruf hijaiyyah, do’a harian, tajwid dasar, menulis ayat, membaca surat bersama-sama, fasholatan, session game, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan yang bertahap dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Pendekatan yang interaktif dapat menciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk menambah kepercayaan dirinya saat mengikuti kelas. Kegiatan pendampingan ini terbukti efektif untuk dijadikan sebagai model pengembangan pendidikan agama di TPQ. Pendampingan semacam ini dapat membina kemampuan teknis di satu sisi, dan dapat membentuk karakter anak-anak disisi lain. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi agar kegiatan pendampingan senantiasa dilanjutkan guna mendukung pembelajaran yang berkelanjutan di TPQ.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Latif, Muhammad Rodhi, Niken Hapsari, Zulvia Rahmadani, Durrotunnisa, Enika Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.