Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Nurussalam Dusun Gamol Salatiga

Authors

  • Abdul Latif Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Muhammad Rodhi Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Niken Hapsari Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Zulvia Rahmadani Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Durrotunnisa Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Enika Wulandari Universitas Islam Negeri Salatiga https://orcid.org/0000-0001-8517-5181

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i3.5354

Keywords:

Pendampingan Belajar, TPQ, Participatory Action Research, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak-anak di TPQ Nurussalam Dusun Gamol, Salatiga, melalui kegiatan pendampingan belajar dengan menggunakan metode PAR. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tahap survei awal, observasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga terfokus terhadap pendampingan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Kegiatan ini dilaksanakan selama 40 hari mulai tanggal 2 Agustus-10 September 2024 dengan melibatkan partisipasi aktif dari pengajar TPQ dan anak-anak. Pendampingan ini fokus pada pembelajaran dengan membagi dua kelas, yaitu kelas Iqra’ serta kelas Juz Amma dan Al-Qur’an menggunakan model yang variatif seperti belajar menulis huruf hijaiyyah, do’a harian, tajwid dasar, menulis ayat, membaca surat bersama-sama, fasholatan, session game, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan yang bertahap dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Pendekatan yang interaktif dapat menciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk menambah kepercayaan dirinya saat mengikuti kelas. Kegiatan pendampingan ini terbukti efektif untuk dijadikan sebagai model pengembangan pendidikan agama di TPQ. Pendampingan semacam ini dapat membina kemampuan teknis di satu sisi, dan dapat membentuk karakter anak-anak disisi lain. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi agar kegiatan pendampingan senantiasa dilanjutkan guna mendukung pembelajaran yang berkelanjutan di TPQ.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Latif, A., Rodhi, M. ., Hapsari, N., Rahmadani, Z., Durrotunnisa, & Wulandari, E. (2025). Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Nurussalam Dusun Gamol Salatiga . Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i3.5354

Issue

Section

Articles