Pelatihan Metode Yanbu'a Berbasis Kalender Tajwid di TPQ Balongsari Megaluh
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i1.4216Keywords:
Al-Qur'an, tajwid, metode yanbu'a, kalender tajwidAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memotivasi tenaga pendidik agar mampu menerapkan dan membiasakan peserta didik membaca Al-Quran dengan tepat dan benar sesuai kaidah- kaidah Tajwid melalui pelatihan dan pendampingan pembelajaran ilmu Tajwid dengan metode yanbu’a kepada guru TPQ di Desa Balongsari Dengan menggunakan modul pembelajaran Kalender Praktis Ilmu tajwid bab nun sukun, mim sukun, qolqolah dan mad. Adapun pendekatan atau metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode Community Based Research yakni sebuah pendekatan yang menekankan pada partisipasi yang aktif dari komunitas, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan kemandirian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dan pengaplikasikan media pembelajaran Al-Qur’an sesuai dengan kebutuhan peserta didik di TPQ tersebut, maka guru dapat memanfaatkan media pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode yanbu’a sebagai kalender Tajwid dalam pembelajaran, terutama dalam penerapan ilmu Tajwid pada Lembaga TPQ di Desa Balongsari. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu keterbatasan pendidik dalam menyampaikan informasi dan mendukung tenaga pendidik agar mampu menerapkan materi ilmu Tajwid sebelum peserta didik TPQ memasuki jenjang tingkatan Al-Qur’an melalui pelatihan dan pendampingan pembelajaran ilmu Tajwid dengan metode yanbu’a. Hal ini dapat menjadi solusi pengembangan serta penerapan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah dalam proses belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hidayatur Rohmah, Alfiana Fitriyah Ramadani, Mu’tashim Billah , St. Mahmudatuz Zulfa, Mohd Ikhwan Khakim, Zakky Fathurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.