Pembelajaran Berbasis Project dengan Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Pentingnya Belajar Sepanjang Hayat di Sekolah Batujai: Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i3.4175Keywords:
Kualitas Pendidikan, Pengabdian Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berbasis Project, Belajar Sepanjang HayatAbstract
Kualitas pendidikan yang rendah, tingginya angka pernikahan dini, dan lama sekolah yang pendek di Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan permasalahan yang saling berkaitan. Pernikahan dini sering menyebabkan putus sekolah, sehingga lama sekolah menjadi pendek. Rendahnya kualitas pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang mendorong terjadinya pernikahan dini. Pengabdian mahasiswa baru arsitektur dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) melakukan project “Islam dan SDGs) di SDN 3 Batujai, Lombok Tengah, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengintegrasikan pendidikan agama Islam dan pentingnya belajar sepanjang hayat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pembelajaran berbasis project dengan melibatkan siswa-siswi kelas tiga. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis project dengan mengintegrasikan pendidikan agama Islam dan pentingnya belajar sepanjang hayat dapat meningkatkan kualitas pendidikan siswa-siswi SDN 3 Batujai. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai pre-test dan post-test siswa-siswi terkait dengan pemahaman agama dan cita-cita mereka. Selain itu, pembelajaran ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa-siswi untuk belajar dan mengembangkan diri. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis project dengan mengintegrasikan pendidikan agama Islam dan pentingnya belajar sepanjang hayat merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah yang memiliki kualitas pendidikan rendah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Kurnia, Hanipatul Husna, Syauqi Zurah, Baiq Zahra Rija Aqila, Nazila Rialul Ummi, Baiq Malika Berliana Octora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.