Peningkatan Pemahaman Materi Ubudiyyah dan Menulis Pegon Santri Tpq Mojotrisno Melalui Metode Belajar Efektif

Authors

  • Dyah Ayu Sri Hartanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nerisa Agnesia Widiyanto Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Fitriyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nahdliyatul Husniyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Fahmi Mardian Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i1.4073

Keywords:

TPQ, Al-Qur'an, Ubudiyyah

Abstract

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Quran sejak usia dini serta memahami dasar-dasar agama islam. Termasuk dalam dasar-dasar agama islam adalah ubudiyah, ubudiyah merupakan bentuk ketaatan yang dilakukan oleh manusia kepada Allah seperti halnya wudhu, sholat dan berdzikir. Metode pendekatan pada program ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR). Participatory Action Research merupakan model penelitian yang mencari sesuatu/solusi untuk menghubungkan proses penelitian ke dalam proses perubahan sosial yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Karena pemberdayaan harus selalu memenuhi kebutuhan dan penyelesaian masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat. Dalam kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa santri dapat memahami materi ubudiyyah dengan mudah serta dapat mempraktekkannya dengan benar, karena dengan praktek itu lebih mengena di memori fikiran mereka. Santri dapat memahami dan meningkatkan ketrampilan mengenai penulisan pegon yang benar melalui praktek langsung.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Hartanti, D. A. S. ., Widiyanto, N. A. ., Fitriyah, Nahdliyatul Husniyah, & Mardian, F. . (2024). Peningkatan Pemahaman Materi Ubudiyyah dan Menulis Pegon Santri Tpq Mojotrisno Melalui Metode Belajar Efektif. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 54–57. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i1.4073

Issue

Section

Articles