Optimalisasi Pendidikan Nonformal melalui Partisipasi Mahasiswa KKN IAIN Kediri di Desa Klepek

Authors

  • Putri Farica Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Widya Nur Fadila Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Zulfa Nabila Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3875

Keywords:

Pendidikan nonformal, TPQ, Bimbingan belajar tambahan

Abstract

Pendidikan di Indonesia terbagi menjadi tiga, yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Pendidikan nonformal dalam bidang agama Islam di Desa Klepek yaitu terdapat empat TPQ, sedangkan lembaga Bimbingan Belajar yang ada di desa klepek tidak begitu banyak dan sedikit peminat karena kurangnya dorongan dan kesadaran orang tua untuk memajukan pendidikan formal siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dengan subjek penelitian siswa dari 4 TPQ di desa Klepek yang berjumlah kurang lebih 170 siswa dan juga kurang lebih 15 siswa kegiatan bimbingan belajar tambahan. Bentuk optimalisasi yang dilakukan siswa KKN IAIN Kediri adalah dengan memberikan materi tambahan di setiap TPQ di Desa Klepek dan membuka kegiatan bimbingan belajar tambahan untuk anak-anak di Desa Klepek.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Farica, P., Fadila, W. N., & Nabila, Z. (2023). Optimalisasi Pendidikan Nonformal melalui Partisipasi Mahasiswa KKN IAIN Kediri di Desa Klepek. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 108–113. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3875

Issue

Section

Articles