Penggunaan Buku Aktivitas Anak berbasis Augmented Reality (AR) pada Buku Digital Cerdas Indonesia 2

Authors

  • Ruliana Fajriati IAI Diniyyah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3854

Keywords:

Augmented Reality, Buku Digital Cerdas Indonesia

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini begitu pesat. Teknologi telah mermbah berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Guru dan orang tua harus melek terhadap perkembangan teknologi agar dapat mendampingi anak-anak belajar.  Salah satu teknologi yang dikembangkan dalam bidang pendidikan yaitu buku berbasis Augmented Reality (AR).  Saat ini KB Nasyithatun Nisa mencoba memanfaatkan buku aktivitas Digital Cerdas Indonesia 2 berbasis AR. Namun karena keterbatasan informasi, guru merasa kesulitan dalam penggunaanya. Untuk itu penulis melakukan pelatihan dan pendampingan  agar dapat memanfaatkan teknologi AR pada buku aktivitas Digital Cerdas Indonesia di sekolah dan orang tua dapat mendampingi anak mengulang pelajaran di rumah. Pelatihan ini diikuti oleh kepala KB Nasyithatun Nisa, 5 guru dan 15 orang tua/wali.  Teknologi AR yang menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata secara langsung diharapkan dapat meningkatkan imajinasi anak dan meningkatkan minat dalam belajar.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Fajriati, R. (2023). Penggunaan Buku Aktivitas Anak berbasis Augmented Reality (AR) pada Buku Digital Cerdas Indonesia 2. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 60–63. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3854

Issue

Section

Articles