Pelatihan Makharijul Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pesantren Bustanul Mansuriyah
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3697Keywords:
Makharijul Huruf, Membaca Al-Qur'anAbstract
Pada dasarnya membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah dan kewajiban bagi setiap umat Islam. Setiap umat Islam diharuskan bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Langkah pertama dalam mempelajari bacaan Al-Qur’an itu harus mengenal bentuk dan bunyi dari huruf hijaiyah terlebih dahulu, dengan harus memperhatikan makharijul hurufnya agar dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih, jelas, baik, dan benar. Kegiatan pelatihan makharijul huruf di Pondok Pesantren Bustanul Mansyuriyah yang diikuti oleh 13 santri dan dilaksanakan selama seminggu dengan 5 kali pertemuan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang mana siklusnya mencakup KUPAR (to Know, to Understand, to Plan, to Action, to Reflection), yaitu tahap untuk mengetahui, untuk memahami, untuk untuk merencanakan, untuk melancarkan aksi, dan untuk sebuah refleksi. Dan menggunakan metode yanbu’a dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an nya. Cara pembelajarannya yaitu dengan mempraktikkan apa yang dijelaskan dan disampaikan ustadzah serta mengulang-ulang hingga baik dan benar. Tujuan pelatihan makharijul huruf ini yaitu untuk bekal membaca Al-Qur’an pada santri agar kedepannya dapat menerapkan makharijul huruf dengan baik dan benar supaya tidak merubah makna dari ayat suci Al-Qur’an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rofiqotul Aini, Fina Mawadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.