Pelatihan Makharijul Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pesantren Bustanul Mansuriyah

Authors

  • Rofiqotul Aini Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fina Mawadah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3697

Keywords:

Makharijul Huruf, Membaca Al-Qur'an

Abstract

Pada dasarnya membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah dan kewajiban bagi setiap umat Islam. Setiap umat Islam diharuskan bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Langkah pertama dalam mempelajari bacaan Al-Qur’an itu harus mengenal bentuk dan bunyi dari huruf hijaiyah terlebih dahulu, dengan harus memperhatikan makharijul hurufnya agar dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih, jelas, baik, dan benar. Kegiatan pelatihan makharijul huruf di Pondok Pesantren Bustanul Mansyuriyah yang diikuti oleh 13 santri dan dilaksanakan selama seminggu dengan 5 kali pertemuan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang mana siklusnya mencakup KUPAR (to Know, to Understand, to Plan, to Action, to Reflection), yaitu tahap untuk mengetahui, untuk memahami, untuk untuk merencanakan, untuk melancarkan aksi, dan untuk sebuah refleksi. Dan menggunakan metode yanbu’a dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an nya. Cara pembelajarannya yaitu dengan mempraktikkan apa yang dijelaskan dan disampaikan ustadzah serta mengulang-ulang hingga baik dan benar. Tujuan pelatihan makharijul huruf ini yaitu untuk bekal membaca Al-Qur’an pada santri agar kedepannya dapat menerapkan makharijul huruf dengan baik dan benar supaya tidak merubah makna dari ayat suci Al-Qur’an.

 

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Aini, R., & Mawadah, F. (2023). Pelatihan Makharijul Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pesantren Bustanul Mansuriyah . Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 103–107. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3697

Issue

Section

Articles