Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an di TK/TPA Hidayatullah Dusun Sabbang Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3675Keywords:
Pembinaan; Baca Tulis; Al-Qur’an; TK/TPA.Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman yang diturunkan untuk seluruh umat manusia, artinya  bahwa Al-Qur’an harus sudah diajarkan sejak dini kepada manusia dimulai dari bacaan dan tulisan.Al-Qur’an, tidak boleh dibaca asal-asalan sekalipun telah mengetahui huruf hijaiyahnya. Ada beberapa dasar pokok untuk memahami Al-Qur’an, yaitu pengenalan huruf hijaiyah, tajwid,,dan makna yang terkandung. Di Dusun Sabbang, Kec. Sinjai Tengah terdapat sebuah lembaga informal bernama TPA Hidayatullah yang mengajarkan anak-anak baca tulis Al-Qur’an. Adapun permasalahan yang dihadapi di sana adalah kurangnya tenaga pembina yang mengatur anak-anak selama proses berlangsung, akibatnya pembina sedikit kewalahan dalam mengatasi anak-anak yang jumlahnya terbilang banyak. Selain itu, tingkat literasi Al-Qur’an dan pemahaman tajwid anak-anak masih kurang. Tujuan khusus dari pembinaan ini adalah agar mampu menerapkan ilmu yang diketahui dan mendapatkan pengetahuan tambahan selama berproses di TPA Hidayatullah. Adapun tujuan umum dari pendampingan ini adalah untuk membantu tenaga pembimbing TPA Hidayatullah dalam mengajarkan anak-anak. Dalam pendampingan ini, penulis menggunakan metode pendampingan kepada pembimbing selama proses ajar-mengajar berlangsung. Hasil dari pembinaan ini adalah anak-anak mulai tertib dalam proses ajar-mengajar dan mampu melafalkan ayat Al-Qur’an dengan baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sherina Putri, Siar Nimah, Umar Umar, Nurul Islamiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.