Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kegiatan Pendampingan TPQ di Dusun Krajan Desa Sumberngepoh

Authors

  • Ana Fadilia Aktifa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Elvita Dianita Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Shafira Darmayanti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sisilia Firda Laila Akhadah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Zahrotus Sania Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i1.3469

Keywords:

Pendampingan, TPQ, Sumber Daya Manusia, Santri, Al-Qur'an

Abstract

Kurangnya partisipasi masyarakat dalam lembaga pendidikan non formal berbasis keagamaan membuat ketidakseimbangan antara pengajar dengan pembelajar. Dimana jumlah santri dengan jumlah pengajar tidak merata yang mengakibatkan banyak santri yang kurang mendapat perhatian dalam membaca dan menulis huruf Al-Qur’an. Pendidikan sendiri terbagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan pendidikan non-formal. Pendidikan formal yaitu pendidikan yang bisa didapatkan melalui kegiatan ataupun program pendidikan yang terstruktur, contohnya pendidikan sekolah ataupun universitas baik negeri maupun swasta. Pendidikan non-formal adalah pendidikan yang bisa di dapat dengan melalui kegiatan sehari-hari yang masih berkaitan dengan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah, contohnya melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).  Salah satu lembaga non-formal di bidang pendidikan yang marak di masyarakat adalah Taman Pendidikan al-Quran (TPQ). Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) adalah sebuah lembaga pendidikan yang memfokuskan pembelajaran baca dan tulis Al-Qur'an. Tercapainya keberhasilan dalam pembelajaran tergantung pada materi yang disampaikan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Namun dalam hal ini pasti bukan hal yang mudah. Yang menjadi masalah dalam hal ini adalah minimnya sumber daya manusia serta kurangnya konsistensi saat penerapan metode pembelajaran. Maka dari itu,  untuk mengetahui  potensi santri dalam mempelajari materi dan menerima model penerapan yang telah ditetapkan, pemberian materi dilakukan dengan cara mendampingi langsung dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran di TPQ yang bertujuan membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an.  Metode pembelajaran menggunakan panduan buku iqra’ dan  yang menekankan pada latihan membaca dan menulis mulai dasar serta hafalan surah pendek, hadits sampai bacaan do’a sehari-hari.

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Aktifa, A. F., Dianita, E., Darmayanti, S., Akhadah, S. F. L., Sania, Z., & Fatimah, S. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kegiatan Pendampingan TPQ di Dusun Krajan Desa Sumberngepoh. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i1.3469

Issue

Section

Articles