Pendampingan Baca Tulis Al-Quran pada TPQ Maqbalul A’mal di Lokasi KKM Desa Sidoluhur Kabupaten Malang

Authors

  • Siti Khalimatus Sadiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Moch Ikbal Hidayatullah STAI Alazhary Cianjur Jawa Barat
  • Alfina Rahmania Latif Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Nimatul Khairiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3463

Keywords:

Pengabdian, Belajar Mengaji

Abstract

Anak-anak adalah generasi emas yang perlu untuk dibina dalam pembentukan karakter islami. Pengabdian masyarakat ini diwujudkan dalam bentuk pengembangan kemampuan membaca Al Quran kepada anak-anak di lokasi KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Salah satunya dengan mengenalkan Al Quran melalui pembelajaran informal. Di TPQ Maqbalul A’mal para santri  memiliki semangat yang tinggi dalam belajar al-Qur’an, akan tetapi para santri tidak dapat diperlakukan secara tegas sehingga dapat mengurangi keefektifan pembelajaran. Dan dengan adanya KKM dari UIN Malang diharapkan mampu memberikan bantuan untuk mengatasi masalah ini.  Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumen, dan diskusi kelompok terarah dan disempurnakan dengan triangulasi data. Hasil KKM UIN Malang yaitu dapat memberikan wawasan dan keterampilan pada para santri TPQ Maqbalul A’mal, memaksimalkan pembelajaran, dan membantu tenaga pengajar di TPQ Maqbalul A’mal dalam pembelajaran Al-Qur’an.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Sadiyah, S. K., Hidayatullah, M. I., Latif, A. R., & Khairiyah, N. (2023). Pendampingan Baca Tulis Al-Quran pada TPQ Maqbalul A’mal di Lokasi KKM Desa Sidoluhur Kabupaten Malang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 78–81. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3463

Issue

Section

Articles