Pendampingan Baca Tulis Al-Quran pada TPQ Maqbalul A'mal di Lokasi KKM Desa Sidoluhur Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3463Keywords:
Pengabdian, Belajar MengajiAbstract
Anak-anak adalah generasi emas yang perlu untuk dibina dalam pembentukan karakter islami. Pengabdian masyarakat ini diwujudkan dalam bentuk pengembangan kemampuan membaca Al Quran kepada anak-anak di lokasi KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Salah satunya dengan mengenalkan Al Quran melalui pembelajaran informal. Di TPQ Maqbalul A’mal para santri memiliki semangat yang tinggi dalam belajar al-Qur’an, akan tetapi para santri tidak dapat diperlakukan secara tegas sehingga dapat mengurangi keefektifan pembelajaran. Dan dengan adanya KKM dari UIN Malang diharapkan mampu memberikan bantuan untuk mengatasi masalah ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumen, dan diskusi kelompok terarah dan disempurnakan dengan triangulasi data. Hasil KKM UIN Malang yaitu dapat memberikan wawasan dan keterampilan pada para santri TPQ Maqbalul A’mal, memaksimalkan pembelajaran, dan membantu tenaga pengajar di TPQ Maqbalul A’mal dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Khalimatus Sadiyah, Moch Ikbal Hidayatullah, Alfina Rahmania Latif, Nimatul Khairiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.