Pengenalan Baca Tulis dan Menghafal Al Qur'an Metode Yanbu'a pada Guru TPQ di Desa Ngogri Megaluh
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3203Keywords:
Metode Yanbu’a; Metode Baca Tulis Al-Quran; Taman Pendidikan Al –QuranAbstract
Taman pendidikan Al-Quran di Desa Ngogri adalah salah satu TPQ yang masih menggunakan metode klasik dalam pembelajaran baca tulias Al-Qurannya. Terdapat 3 Taman Pendidikan Al-Quran di desa ini yakni TPQ Nuruddin, TPQ Al-Amir dan TPQ Al-Ikhlas. Jumlah santri dari tiga TPQ ini sejumlah kurang lebih 150 santriwan santriwati yang di bimbing oleh 15  pendidik. Dalam proses pembelajaran metode baca tulis dan menghafal masih menggunakan metode kalsik. Metode klasik tersebut adalah metode sorogan. Hasil observasi dan wawancara dengan pengelola Taman Pendidikan Al – Quran se Desa Ngogri mereka menginginkan adanya peningkatan pemahaman terkait metode pembelajaran baca tulis dan menghafal bagi santrinya. Hal ini yang mendasari kegiatan pengenalan baca tulis dan menghafal al qur’an metode Yanbu’a di laksanakan.Sasaran kegiatan pengenalan ini adalah seluruh pendidik yang ada di TPQ sejumlah 15 orang.Kegiatan pengenalan baca tulis dan menghafal dengan metode Yanbu’a dilaksanakan dengan tujuan pendidik TPQ mampu membimbing santrinya lancar membaca al-Qur’an dan memahami tajwid dan pengetahuan agama lainnya, dengan panduan kitab Yabu’a yang didalam nya telah berisi berbagai macam pengetahuan agama Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chusnul Chotimah, Emi Lilawati, Machnunah Ani Zulfah, Muhamad Khoirur Roziqin, Ummi Shofia Ulya, Aniyatul Mushoffy, Umi Ma’rifatul Fadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.