Pelatihan Membaca Al-Qur'an dengan Menggunakan Metode Yanbu'a bagi Guru TPQ di Desa Pulorejo Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3182Keywords:
Membaca Al-qur’an; Metode; Yanbua;Abstract
Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah An-Nur 1 yang berada pada dusun Pulorejo, TPQ An-Nur dan TPQ Baitur Rohman di dusun Cumpleng, dan TPQ Baitul Muttaqin di desa Jatirejo tembelang jombang telah menggunakan metode Yanbu’a, yaitu untuk memperbaiki bacaan anak dengan baik dan benar. Karena metode Yanbu’a merupakan metode membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an yang disusun berdasarkan tingkatan pembelajaran al-Qur’an untuk mengenal, membaca dan menulis huruf hijaiah. Kaidah-kaidah kemampuan membaca al-Qur’an yaitu membaca dengan tartil dan lancar, membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: Untuk mendeskripsikan implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Al-Hidayah An-Nur 1 yang berada pada dusun Pulorejo, TPQ An-Nur dan TPQ Baitur Rohman di dusun Cumpleng, dan TPQ Baitul Muttaqin di desa Jatirejo tembelang jombang. Untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung dari implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Al-Hidayah An-Nur 1 yang berada pada dusun Pulorejo, TPQ An-Nur dan TPQ Baitur Rohman di dusun Cumpleng, dan TPQ Baitul Muttaqin di desa Jatirejo tembelang jombang. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi data dan bahan referensi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohammad Saat Ibnu Waqfin, Nur Farid Hanif Asshidiq, Sendy Chandiawan Abadi, Lina Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.