Pelatihan Pemahaman Fiqih melalui Kitab Mabadi’ Fiqih pada TPQ Al-Ikhlas Desa Gabusbanaran Tembelang Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3107Keywords:
Pemahaman; Kitab; Mabadi; Fiqih.Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa kondisi fasilitas sarana dan prasarananya ternyata masih jauh dari harapan. Beberapa hal yang dijumpai di lapangan antara lain: Fasilitas media belajar yang ada masih sangat minim penggunaannya, keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran menggunakan media belajar masih belum optimal dan efisien, kondisi lembaga yang lebih menintik beratkan pada pembelajaran Al-Qur’an sehingga pembelajaran lainnya khususnya ilmu fiqih belum maksimal pelaksanaannya. maka muncul permasalahan yang perlu diselesaikan berkaitan dengan rencana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah : Masih belum optimalnya pembelajaran Fiqih di lembaga TPQ Al-Ikhlas Desa Gabusbanaran Kecamatan Tembelang Jombang, dan masih belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran yang mendukung kemampuan metakognitif para santri
Adapun Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman santri terhadap materi fiqih melalui kajian Kitab Mabadi Fiqih Juz 1. Agar kajian Kitab Mabadi Fiqih Juz 1 lebih optimal dan mendapat hasil yang memuaskan, maka kegiatan kajian Kitab Mabadi Fiqih Juz 1dilakukan satu minggu dua kali pertemuan selama tiga pekan. Dan metode yang di gunakan dalam pengabdian ini adalah Service Learning yaitu mengutamakan pelayanan baik diri sendir maupun oranglain dan lingkungan dfan hasil nya adalah penyampaian materi menggunakan buku saku dapat diseragamkan,efisien dalam waktu dan tenaga, buku saku yang dicetak dengan ukuran kecil dapat mempermudah siswa dalam membawanya serta memanfaatkannya kapanpun dan dimanapun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Waslah Waslah, Dewi Farah Khusnus Shofa, Ilmah Haqiqoh Yusuf, Siti Aminatur Robiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.