Pemberdayaan Santri Ponpes Sabilul Huda sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Shorof Melalui Metode Kitab Al Miftah
Keywords:
nahwu dan shorof, metode kitab Al Miftah, kitab kuning, santri.Abstract
Mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah pondok pesantren putri Sabilul Huda Tambakberas Jombang. Berdasarkan hasil analisis situasi, muncul permasalahan dari aspek pengetahuan yang paling pengetahuan tentang santri tentang ilmu alat nahwu dan shorof untuk dapat membaca kitab kuning di ponpes Sabilul huda, aspek pemahaman yang masih merupakan pemahaman santri dalam memahami kata bahasa arab yang ada di dalam kitab kuning di ponpes Sabilul Huda, aspek mutu pembelajaran yaitu adanya metode yang praktis dan mudah untuk meningkatkan mutu pembelajaran santri ponpes Sabilul Huda, dan aspek yang efektif yaitu kurang optimalnya pembelajaran santri karena kurang tenaga pendidik. Metode yang digunakan dalam kegiatan melalui bimbingan cara mudah dan praktis belajar alat nahwu dan pantai di pondok pesantren Sabilul Huda yang terbagi dalam tahap observasi, sosialisasi, bimbingan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pengetahuan Santri ponpes Sabilul Huda putra Tambakberas Jombang tentang ilmu alat nahwu dan shorof sehingga bisa membaca kitab kuning, Santri ponpes Sabilul Huda putra Tambakberas Jombang sudah bisa menganalisa dan memahami kosa kata Bahasa arab yang ada di kitab kuning karena Sudah menguasai ilmu alat nahwu dan shorof, Terwujudnya peningkatan mutu pembelajaran yang ada di ponpes Sabilul Huda Tambakberas Jombang dengan metode yang praktis dan mudah bagi santri. Efektivitas pembelajaran di ponpes Sabilul Huda sudah optimal karena adanya pendidik yang mendidik santri.