Pelatihan Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Malam Lailatus Sholawat Santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Ribath Sabilul Huda Jombang

  • Rika Anggraini Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ashlihah Ashlihah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Anton Muhibuddin Universitas Brawijaya
Keywords: Al-Banjari and Semangat Kegiatan Rutinan Lailatus Sholawat

Abstract

Dipondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, al-banjari sudah menjadi ekstrakurikuler yang mendominasi dan memiliki peminat yang cukup banyak. Khususnya di ribath Sabilul Huda Jombang, Biasanya santriwati menggunakan al-banjari sebagai alat pengiring pada kegiatan rutinan malam lailatus sholawat. Namun, kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam menginovasi ritme dan nada menjadikan kegiatan al-banjari dirasakan kurang efektif. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya pelatihan khusus yang didampingi oleh pihak terkait yang lebih menguasai kesenian banjari tersebut. Maka dalam hal ini perlu adanya pelatihan al-banjari untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas santriwati dalam mengunakan al-banjari. Berdasarkan pelatihan al-banjari yang dilakukan di Ribath Saillul Huda pada kegiatan pengabdian masyarakat Tahun 2020, didapatkan hasi sebagai berikut : a) Meningkatnya Pemahaman dan keterampilan para santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Ribath Sabilul Huda Jombang dalam mengunakan al-banjari. b) Meningkatnya semangat para santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Ribath Sabilul Huda Jombang dalam kegiatan rutinan malam lailatus sholawat.

Published
2021-04-28
How to Cite
Anggraini, R., Ashlihah, A., & Muhibuddin, A. (2021). Pelatihan Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Malam Lailatus Sholawat Santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Ribath Sabilul Huda Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-42. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1130
Section
Articles