Pendampingan Pembelajaran Tajwid Menggunakan Media Pop-Up Book di TPQ Al-Khasanah Desa Barongsawahan

  • Khotim Fadhli Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Kholis Firmansyah IAIN Surakarta
  • Khurrotul Fitriah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Afifatul Lathifah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Media pop-up book, Pembelajaran tajwid

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an pasti dimiliki oleh setiap umat Islam. Namun yang belum pasti dimiliki adalah membaca Al-qur’an sesuai dengan tajwidnya. Padahal pembelajaran tajwid adalah pembelajaran awal ketika hendak belajar Al-Quran. Dimana ilmu tajwid harus dipahami dan dikuasai oleh pembacanya. Menurut sebagian orang terutama para santri di TPQ, pelajaran tajwid adalah pelajaran yang membosankan sehingga banyak dari mereka yang menghindar dari pelajaran tajwid. Mereka yang sering menghindar dari pelajaran tajwid memiliki masalah dalam membaca Al-quran. Untuk itu, dengan adanya pengabdian ini bisa dijadikan kesempatan untuk meningkatkan daya tarik santri terhadap pelajaran tajwid. Ketika hal itu bisa terjadi maka tujuan pengabdian ini bisa tercapai. Dimana tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan daya tarik santri terhadap belajar tajwid sehingga berdampak baik pada bacaan Al-qur’annya. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah yang didukung dengan media pembelajaran tajwid yang menarik. Media yang digunakan adalah pop-up book. Media ini di desain dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan media yang menarik bagi para santri. Agar materi tajwid bisa tersampaikan dengan baik kepada para santri, maka kami selaku pelaksana kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan yang sesuai dengan keadaan para santri. Sehingga materi tajwid bisa tersampaikan dengan baik kepada para santri di TPQ. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya daya tarik santri terhadap pembelajaran tajwid sehingga bacaannya pun sudah sesuai dengan ilmu tajwid. Tepatnya membaca Al-qur’an adalah titik kesuksesan dari pengabdian ini.

Published
2021-04-28
How to Cite
Fadhli, K., Firmansyah, K., Fitriah, K., & Lathifah, A. (2021). Pendampingan Pembelajaran Tajwid Menggunakan Media Pop-Up Book di TPQ Al-Khasanah Desa Barongsawahan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 5-9. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1124
Section
Articles