Pelatihan dibidang Seni Kaligrafi untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik dan Tenaga Pendidik di Mi Al-Ihsan Bandarkedungmulyo

  • Mohammad Saat Ibnu Waqfin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Indah Miftahul Umam Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Laila Viki Hildiana Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Abd Kholid UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Kaligrafi; Kreatifitas

Abstract

Para pendidik MI Al-Ihsan di dusun Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang mengalami kendala dalam menerapkan sistem pembelajaraan di era pandemi.  Sistem pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemi ini yaitu secara daring. Dari sistem pembelajaran daring tersebut terdapat beberapa permasalahan yang muncul mulai dari guru, siswa, dan orang tua siswa. Membahas tentangsistem pembelajaran daring maka pentingnya penguasaan ilmu teknolgi bagi seorang gurudan siswa  agar tetap efektif sangat diperlukan..

Mitra kegiatan pengabdian masyarakat pada adalah MIAl-Ihsan Bandarkedungmulyo Jombang. Lembaga pendidikan ini dipilih karna terdapat beberapa  kendala di metode pembelajaran, kurangnya mengikuti kegiatan ekstra dan penataan ruang kelas. Fasilitas sarana dan prasarana di lembaga ini juga masih kurang optimal untuk mendukung peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yaitu MI Al-Ihsan Bandarkedungmulyo Jombang menunjukkan kurangnya fasilitas sarana dan prasarana ternyata masih jauh dari harapan apalagi di masa pademi untuk menuju masa new normal. Beberapa hal yang dijumpai dilapangan antara lain; 1. Fasilitas sarana dan prasarana yang kurang optimal dalam kegiatan ekstra 2. Kurangnya keterampilan guru dalam bidang ekstra kurikuler 3. Alokasi dana dari sekolah relatif sangat minim 4. Penataan ruang kelas yang kurang maksimal.

Published
2021-04-28
How to Cite
Waqfin, M. S. I., Umam, I. M., Hildiana, L. V., & Kholid, A. (2021). Pelatihan dibidang Seni Kaligrafi untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik dan Tenaga Pendidik di Mi Al-Ihsan Bandarkedungmulyo. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-4. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1122
Section
Articles