Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang
Keywords:
Metode at-Tartil, Taman pendidikan Al-QuranAbstract
Mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah TPQ Al-Amin K. Ageng Core’an desa Brodot. Berdasarkan hasil analisis situasi di atas, muncul permasalahan yang perlu diselesaikan berkaitan dengan kurang efektifnya proses belajar mengajar di TPQ dikarenakan hal-hal sebagai berikut;1) Masih belum optimalnya ustadzah TPQ dalam pengelolaan kelas dikarenakan kurangnya tenaga pengajar di TPQ. 2) Masih membutuhkan pendampingan dalam proses belajar mengajar untuk para santri. Dari permasalahan – permasalahan yang telah diidentifikasi diatas selanjutnya dilaksanakan diskusi dengan para Ustadzah di TPQ Al-Amin Ki Ageng Core’an, permasalahan yang disepakati untuk diselesaikan adalah dengan melalui adanya pelatihan Membaca Al-Qur’an yang baik dan benar melalui metode at-Tartil bagi orang tua santri, diharapkan dengan orang tua santri yang paham akan metode at-Tartil maka santri bisa mengulang kembali materi al-Qur’an dari TPQ saat di rumah. Metode yang digunakan pelaksana adalah ceramah dan langsung praktek membaca Al-Quran dengan media buku at-Tartil mulai dari jilid 1 s/d jilid 6. Hasil dari pengabdian ini berdasarkan Diagram 1 menunjukkan prosentase 93,3% peserta memahami metode at-tartil dengan baik. Diagram 2 merupakan respon kepuasan peserta terhadap proses pelatihan yang kami lakukan. Hasil respon kepuasan peserta terhadap kegiatan ini menunjukkan 80% dan mereka sangat antusias ketika kami yang mengajarnya. Dan 17% para santri kurang antusias.