IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB ALALA DI PONDOK PESANTREN LANGITAN WIDANG TUBAN

Authors

  • Sudarto Murtaufiq
  • Ahmad Ubaidillah

Keywords:

Implementasi, pembelajaran Kitab Alala, pendidikan pesantren

Abstract

Peneliti tertarik mengangkat judul “Model Implementasi Pembelajaran Kitab Alala dalam Meningkatkan Karakter Santri di MI al-Falahiyah Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban Jatim Tahun Pelajaran 2018/2019” karena dilatarbelakangi oleh sebuah fakta lapangan yang menunjukan banyaknya santri baru di MI al-Falahiyah yang berprilaku kurang sabar dalam menghadapi ujian belajar, kurang sungguh-sungguh dalam mengaji, kurang hati-hati dalam bermasyarakat. Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban adalah salah satu pondok pesantren tua yang memilih menyelenggrakan pendidikiannya secara non formal. Pondok pesantren ini menanamkan pendidikan yang sarat dengan pendidikan nilai, baik nilai agama maupun nilai-nilai luhur bangsa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana model implementasi pembelajaran kitab Alala yang diterapkan para guru di MI al-Falahiyah Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban. Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data dengan jelas, di sini penulis menggunakan Pendekatan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi, interviw dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan model implementasi pembelajaran kitab Alala yang diterapkan para guru di MI al-Falahiyah Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban adalah dengan menggunakan empat macam model, pertama, model mauidhoh. Kedua, model pembiasaan. Ketiga, model qudwah (teladan). Dan keempat, model targhib dan tarhib.

 

Kata kunci: Implementasi, pembelajaran Kitab Alala, pendidikan pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Murtaufiq, S., & Ubaidillah, A. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB ALALA DI PONDOK PESANTREN LANGITAN WIDANG TUBAN. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 169–172. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/686