Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Arab

  • Amrini Shofiyani
  • Rina Dian Rahmawati
Keywords: Pengembangan, Blended Learning, Edmodo, Membaca Teks Arab

Abstract

Teknologi dalam dunia pendidikan sebagai sistem pembelajaran face to fice menjadi sistem pembelajaran modern, karena dituntut mampu melakukan inovasi dalam penyampaian pembelajaran. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan: 1) mengembangkan media pembelajaran blended learing berbasis edmodo pada materi Membeca teks arab, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaranblended learning berbasis edmodo, dan 3) mengetahui respon kemenarikan peserta didik dan Pengajar dalam menggunaakan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo. Sedangkan jenis penelitian ini mengggunakan penelitian pengembangan ( R & D ) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model desain ADDIEyang dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa arab fakultas Agama Islam Universitas K.H.A. Wahab Hasbullah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Media Blended Learning Berbasis Edmodo menurut para Ahli Media dan materi dinyatakan layak serta mendapatkan presentase rata-rata 85%. sedangkan ujia telaah oleh 2 pakar pengajar (Dosen) skor rata –rata 82% serta hasil uji lapangan yang dilakukan pada peserta didik mendapatkan skor 84%,  melihat hasil dari nilai skor di atas bahwa Media pembelajaran pembelajaran blended learing berbasis edmodo pada materi Membeca teks arab dapat digunakan dalam menyampaikan pembelajaran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Blended Learning, Edmodo, Membaca Teks Arab

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-11
How to Cite
Shofiyani, A., & Rahmawati, R. (2019). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Arab. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 144-152. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/682