TANGGAPAN SISWA SMA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MURDER

(Studi kasus di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang)

  • Emi Lilawati
  • Hidayatur Rohmah
Keywords: Tanggapan, Pembelajaran  fiqih, Berbasis Murder

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah tugas seorang  guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang baik, sehingga memberi kesan atau tanggapan yang baik dari siswa. Tanggapan yang dimaksud adalah kesan yang muncul ke alam kesadaran yaitu perasaan senang terhadap pembelajaran fiqih. Dengan kata lain , tanggapan merupakan suatu bentuk reaksi yang terinterprestasikan pada perhatian, pemahaman, pendapat atau pandangan terhadap suatu kegiatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tanggapan siswa SMA kelas X terhadap pembelajaran fiqih berbasis Murder dan bagaimanakah tingkat kemampuan siswa dalam menuangkan ide, pikiran, dan pengalaman melalui model pembelajaran berbasis Murder.  Jenis penelitian ini adalah  deskriptif kualitatif .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket setelah data terkumpul, maka akan dilakukan  penganalisaan terhadap data tersebut sehingga dari penelitian ini diperoleh hasilnya sebesar 84%. Presentase tersebut kalau diukur  pada standarisasi  presentase yang telah di tetapkan  sebelumnya akan berada pada rentang  76%-100%. . Hasil penelitian yang diperoleh adalah siswa memberikan tanggapan sangat baik terhadap pembelajaran fiqih berbasis Murder

 

Katakunci: Tanggapan, Pembelajaran  fiqih, Berbasis Murder

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-11
How to Cite
Lilawati, E., & Rohmah, H. (2019). TANGGAPAN SISWA SMA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MURDER. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 106-109. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/676