Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

  • Khusnul Khotimah
  • Wisnu Siwi Satiti
Keywords: media pembelajaran, augmented reality, bangun ruang sisi datar

Abstract

Perkembangan teknologi mobile saat ini begitu pesat, salah satu perangkat mobile yang saat ini sering digunakan adalah dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang bersifat valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan   mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima  tahapan, yakni  Analysis (Analisis), Design  (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian diperoleh Rata-rata skor kevalidan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII adalah 4,59 berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan data respon siswa menunjukkan siswa memiliki respon yang positif terhadap media Pembelajaran Mobile Learning   Berbasis Augmented Reality, menujukkan minimal 80% atau lebih siswa merespon dalam kategori setuju, untuk setiap aspek yang direspons. Sebesar 87% siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan belajar sehingga media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality berkategori efektif.

 

Kata kunci: media pembelajaran, augmented reality, bangun ruang sisi datar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-11
How to Cite
Khotimah, K., & Satiti, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 99-105. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/675