Strategi Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran PAI di SMA 2 Darul ‘Ulum Jombang

  • Didin Sirojudin
  • M. Dzikrul Hakim Al Ghozali
Keywords: peningkatan profesionalitas guru, pembelajaran PAI

Abstract

Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalami hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keprofesionalan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam,

Metode penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif. metode pengumpulan datanya, yaitu: Metode Observaasi, wawancara , dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dan terkumpul dari kegiatan lapangan dan analisis secara kualitatif dengan teknik pengelompokan data, selanjutnya diambil kesimpulan. penelitian ini menggunakan deskriftif analisis yaitu dengan cara memadukan yang jitu data-data dengan berfikir deduksi dan induksi untuk mengambil kesimpulan. 

Kemampuan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup professional, terbukti semua guru memiliki ijazah keguruan, memiliki pengalaman mengajar lebih dari lima tahun, selalu membuat rencana pembelajaran, metode yang digunakan bervariasi, melakukan situasi interaksi yang baik dengan siswa, dan mengadakan evaluasi. Adapun kendalanya adalah padatnya jam mengajar dan tidak adanya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta kesejahteraan guru kurang memadai. upaya yang dilakukan dalam peningkatan profesionalitas adalah penyediaan sarana dan prasarana, kedisiplinan dan pengawasan, rapat dan seminar.

 

Kata kunci: peningkatan profesionalitas guru, pembelajaran PAI

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-11
How to Cite
Sirojudin, D., & Al Ghozali, M. D. (2019). Strategi Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran PAI di SMA 2 Darul ‘Ulum Jombang. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 57-65. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/669