MODUL TEMATIK BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Denna Delawanti Chrisyarani

Abstract

Permasalahan mengenai bahan ajar yang digunakan di sekolah pada pembelajaran tematik yakni bahan ajar dibuat lebih ditekankan pada mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, SBdP dan PJOK. PPKn secara konseptual dan implementasi kurang luas dan mendalam pada setiap sub tema. Pendidikan karakter  yang ada pada mata pelajaran PPKn belum dikembangkan secara utuh.  Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa modul tematik berbasis PPK. Subjek penelitian adalah siswa SDN Lesanpuro 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan modul, yaitu: (1) penelitian/studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal atau dalam penelitian ini merupakan uji validasi oleh ahli, (5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama atau dalam penelitian ini adalah uji coba skala kecil, (7) merevisi produk hasil uji lapangan utama, (8) uji pelaksanaan lapangan atau dalam penelitian ini adalah uji coba lapangan/kelas, (9) revisi produk akhir. Prosedur penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pengembangan draf produk.  Instrument yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini meliputi: (1) lembar wawancara, (2) Lembar Observasi. Data yang dihasilkan akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan modul tematik berbasis PPK.

 

Kata Kunci: Modul, Tematik, PPK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

Chrisyarani, D. D. (2018). MODUL TEMATIK BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 96–101. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/272