Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www.indonesia2045.org

  • Anju Nofarof Hasudungan
  • Yusuf Kurniawan

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 menjadi kesempatan dan tantangan tersendiri bagi Generasi Emas Indonesia dalam mewujudkan proyeksi mengenai Indonesia di tahun 2045. Diantaranya, Indonesia akanmenjadi kekuatan ekonomi nomor 4 di dunia.Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan era digital ekonomi.Artinya, tercapainya Indonesia Emas 2045 dipengaruhi kesiapan Generasi Emas Indonesia dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Kesiapan tersebut harus dimulai dengan kebijakan yang khusus dan tepat.Dalam hal ini, pemanfaatanperkembangan teknologi digital dewasa ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.Inovasi platformwww.indonesia2045.org bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Generasi Emas Indonesia dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Rendahnya kesadaran generasi emas mengenai hal tersebut, ditandai diantaranya, ketidakmampuan generasi membedakan berita palsu (fakenews) dan berita benar, serta hanya menjadi pasar (konsumen) dari dampak pertumbuhan ekonomi digital.Tanpa adanya kesadaran dari generasi emas yang akan memegang estafet kepemimpinan dan penggerak ekonomi (usia produktif) negara maka jangan harap partisipasi dan kontribusi akan didapat bahkan sebaliknya. Dalam penulisan ini, dipergunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Sedangkan, pengumpulan data melalui metode studi kepustakaan.Inovasi platform www.indonesia2045.org inimenjadi strategi tepat dan khusus karena generasi ini sebagiannya adalah generasi milenial yang mempunyai karakteristik, diantaranya, melek teknologi digital.

Kata Kunci: Kesadaran, Generasi Emas Indonesia, Era Revolusi Industri 4.0, www.indonesia2045.org

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-17