PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK (ASITORIK)

Authors

  • Wiwiek Kusumaning Asmoro
  • Abidatul Izzah `

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu media pembelajaran praktek matakuliah Akuntansi Sektor Publik yang berbasis web dengan menggunakan sebuah aplikasi Akuntansi Sektor Publik yaitu ASITORIK kepada mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Kediri. Media pembelajaran berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data mySQL ini dirancang karena kebutuhan efisiensi waktu, keakuratan dalam pembuatan laporan keuangan Akuntansi Sektor Publik yang sebelumnya praktek manual digunakan dengan menggunakan lembaran kertas kerja dalam pembuatan laporan Akuntansi Sektor Publik. Metode tahapan yang dilakukan adalah (1) Menganalisis Kebutuhan Sistem Akuntansi Sektor Publik,(2)Melakukan Perancangan Aplikasi (Software Design),(3) Pembuatan Aplikasi (Software Contruction), (4)Uji Coba dan Simulasi Aplikasi pada Mahasiswa Akuntansi (Software Testing). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah software yaitu berupa aplikasi Akuntansi Sektor Publik (ASITORIK) yang dapat dengan mudah sistem membuat laporan Akuntansi Sektor Publik yaitu Laporan Realisasi Anggaran (LRA); Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (Laporan Perubahan SAL); Neraca ; Laporan Operasional (LO); Laporan Arus Kas (LAK) dan Laporan Perubahan Ekuitas (LPE).

 

Kata kunci: Web, PHP, MySQL, ASITORIK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-10

How to Cite

Asmoro, W. K., & Izzah `, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK (ASITORIK). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 7–12. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/252