ANALISIS REGRESI MULTIVARIATE PRINCIPLE COMPONENT DENGAN METODE ORDINARY LEAST SQUARE TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDIDIKAN TINGGI ISLAM BER-COMPETITIVE ADVANTAGE

  • Zulfikar -
  • Munawaroh -

Abstract

Pendidikan tinggi islam yang memiliki keunggulan kompetitif  merupakan jantung kinerja lembaga pendidikan islam dalam sebuah pasar yang kompetitif.  Banyak faktor yang mempengaruhi keunggulan sebuah perguruan tinggi islam. Faktor-faktor tersebut diantaranya  community development dan hubungan kemitraan (networking). Faktor community development merupakan  metode memecah tanggung jawab (responsibility), dari dalam organisasi sampai ke luar organisasi pada aktivitas-aktivitas lokal yang relevan untuk memahami perilaku sosial dan lingkungan. Kemudian pandangan dalam konsep community development tersebut dikembangkan dengan hubungan kemitraan (networking). Hubungan kemitraan dibangun untuk memperkuat eksistensi dan peningkatan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan tinggi islam menjadi lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mana yang mempengaruhi keunggulan kompetitif pendidikan tinggi islam di wilayah Kabupaten  Jombang. Bentuk analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi Multivariate Principle Component dengan metode Ordinary Least Square . Analisis statistik ini merupakan kombinasi analisis komponen utama dengan analisis regresi. Keunggulannya mampu menyederhanakan variabel yang diamati dengan mereduksi dimensinya terutama untuk mengatasi terjadinya multikolinieritas yang tinggi yang sering terjadi pada analisis regresi multivariate pada umumnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak terstratifikasi (stratified random sampling), yakni mengambil sampel secara acak proporsional dari masing-masing kelompok yang ada di masing-masing perguruan tinggi islam. Dari hasil penelitian ini ingin didapatkan faktor mana yang mempengaruhi secara simultan terhadap keunggulan kompetitif pendidikan tinggi islam.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat koefisien persamaan regresi yang signifikan antara factor community development dan networking terhadap keunggulan kompetitif pendidikan tinggi islam dengan bentuk persamaan regresi:

Ŷ = 11,632 + 0,0825X1 + 0,204X2

Tingkat sensitifitas (response) terbesar terhadap pembentukan keunggulan kompetitif pendidikan tinggi islam diberikan oleh factor community development yaitu sebesar 26, 24%. Sedangkan factor networking memberikan tingkat sensitifitas sebesar 26,15%.

 

Kata kunci:  Regresi Multivariate Principle Componen, metode Ordinary Least square (OLS), Community Development, Networking.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-19
How to Cite
-, Z., & -, M. (2016). ANALISIS REGRESI MULTIVARIATE PRINCIPLE COMPONENT DENGAN METODE ORDINARY LEAST SQUARE TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDIDIKAN TINGGI ISLAM BER-COMPETITIVE ADVANTAGE. SAINTEKBU, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32764/saintekbu.v6i2.66
Section
Articles